Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:53:37ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-08-14T03:42:16Z2015-08-14T03:42:16Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11618This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/116182015-08-14T03:42:16ZUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA
POKOK BAHASAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN
ALAT PERAGA DI KELAS IV SD NEGERI 3 MATARAM
KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN
PRINGSEWU
TAHUN PELAJARAN
2011/2012 Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan
alat peraga siswa kelas IV SD Negeri 3 Mataram.
Prosedur penelitian yang digunakan berbentuk siklus, yang terdiri dari empat
kegiatan pokok, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Peningkatan hasil belajar siswa kelas IV yang berjumlah 22 siswa, 11 siswa lakilaki
dan 11 siswa perempuan dalam pembelajaran pada siklus I terdapat 9 siswa
atau 40,91% tuntas, dan pada siklus II meningkat menjadi 20 siswa atau 90,91%,
jadi antara siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 11 siswa atau 50,00%.
Walaupun tidak semua siswa memperoleh nilai di atas KKM yang telah
ditetapkan sekolah. Sedangkan hasil belajar matematika dengan menggunakan alat
peraga pada siklus I rata-rata klasikal 60,45% atau 9 siswa yang tuntas dari 22
siswa kelas IV. Pada siklus II rata-rata klasikal hasil belajar matematika dengan
menggunakan alat peraga 83,18%. Hasil belajar matematika pada kelas IV
mengalami peningkatan 50,00%.
Berdasarkan indikator keberhasilan yang dicapai pada siklus I dan II, pendekatan
pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan hasil
pembelajaran mata pelajaran Matematika pada siswa Kelas IV SD N 3 Mataram
Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu.
Sulismiyati 1013119200