Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:46:25ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-04-28T02:40:22Z2015-09-09T08:01:46Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9223This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92232015-04-28T02:40:22ZMENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN
MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA
SISWA KELAS IV SD N 2 TAMBAHREJO
KECAMATAN GADINGREJO
KABUPATEN PRINGSEWU
TAHUN PELAJARAN
2011/2012
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang
memahami sifat bangun ruang sederhana dan hubungan antar bangun datar
dengan menggunakan metode demonstrasi.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Research) sebanyak 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu :
Rencana Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Sasaran
penelitian ini adalah siswa kelas IV. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif.
Hasil penelitian didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan,
siklus I siswa yang tuntas 20 siswa atau 57,14%, siswa yang belum tuntas 15
siswa atau 42,86% dari 35 siswa. Siklus II mengalami peningkatan dengan jumlah
siswa yang tuntas 33 siswa atau 94,29%, siswa yang belum tuntas 2 siswa atau
5,71% dari 35 siswa. Jadi siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 13 siswa
atau 37,14%.
Simpulan dari penelitian ini adalah melalui pembelajaran dengan menggunakan
metode demonstrasi dapat berpengaruh positif terhadai hasil belajar siswa pada
pelajaran matematika.
Kata kunci : hasil belajar, metode demonstrasi, pembelajaran matematikaSUMARMI 1013119202