Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T21:20:02ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-14T02:41:32Z2016-01-14T02:41:32Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17454This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/174542016-01-14T02:41:32ZPeningkatan Kemampuan Menulis Laporan
Kunjungan Melalui Teknik Diskusi pada Siswa
Kelas VI SD Negeri 2 Sinar Semendo Talangpadang
Tanggamus Tahun Pelajaran 2011/2012Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan menulis
laporan kunjungan dengan teknik diskusi pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Sinar
Semendo Tanggamus tahun pelajaran 2011/2012. Tujuan penelitian ini
mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis laporan kunjungan pada siswa
kelas VI SD Negeri 2 Sinar Semendo tahun pelajaran 2011/2012 setelah
diterapkannya teknik diskusi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan
kelas dengan dua siklus. Tiap-tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan
dengan tes tertulis dan nontes. Instrumen tes digunakan untuk mengetahui
kemampuan siswa dalam menulis laporan kunjungan, sedangkan instrumen nontes
digunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran.
Berdasarkan analisis data penelitian, kemampuan menulis laporan hasil kunjungan
siswa dari prasiklus, siklus I, dan siklus II mengalami peningkatan. Pada
prasiklus, nilai rata-rata klasikal sebesar 56,67 dengan persentase ketuntasan
sebesar 33,33%. Pada siklus I, nilai rata-rata mencapai 65,21 dengan persentase
ketuntasan sebesar 58,33% dan siklus II, nilai rata-rata sebesar 71,88 dengan
persentase ketuntasan sebesar 83,33%. Peningkatan nilai rata-rata kelas ini diikuti
dengan peningkatan rata-rata skor pada tiap aspek penilaian. Pada aspek
kelengkapan unsur laporan pada siklus I sebesar 67,5, dan siklus II sebesar 74,17.
Rata-rata skor pada aspek pilihan kata/diksi pada pada siklus I sebesar 73,33 dan
siklus II meningkat menjadi 77,50. Pada aspek keefektifan kalimat, skor rata-rata
pada siklus I sebesar 60,00 dan siklus II meningkat sebesar 69,17. Rata-rata skor
pada aspek ketepatan penggunanaan ejaan pada siklus I sebesar 60,00 dan siklus II
meningkat menjadi 66,67. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teknik
diskusi dapat meningkatkan kemampuan menulis laporan kunjungan pada siswa
kelas VI SD Negeri 2 Sinar Semendo Kecamatan Talangpadang tahun pelajaran
2011/2012ERNAWATY 1013124002