Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:15:26ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-12-02T05:02:08Z2015-12-02T05:02:08Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15022This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/150222015-12-02T05:02:08ZUPAYA MENINGKATKAN GERAK DASAR
DRIBEL DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA MENGGUNAKAN
MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V
SD NEGERI 3 KAORGADING
2011-2012Peneliti ini bertujuan untuk meningkatkan gerak dasar dribel dalam permainan
sepak bola menggunakan media audio visual pada siswa kelas V SDN 3
Kaorgading Kabupaten Tanggamus. Kurangnya hasil belajar gerak dasar dribel
siswa kelas V SDN 3 Kaorgading tahun pelajaran 2011-2012 merupakan
permasalahan didalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
efektivitas pembelajaran gerak dasar dribel dalam permainan sepakbola pada
siswa kelas V SDN 3 Kaorgading kabupaten Tanggamus tahun pelajaran 20112012
Penelitian ini dilakukan pada semester 2 (dua) tahun 2011-2012. Jenis penelitian
yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan
sebanyak 2 siklus yang setiap siklusnya memiliki kegiatan yang berbeda. Jumlah
jam mata pelajaran pendidikan jasmani adalah 4 x 35 menit (140 menit). Subjek
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 3 Kaorgading yang berjumlah 15
siswa ( 9 siswa putra dan 6 siswa putri).
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tes awal hanya mencapai ketuntasan
13,33%. Hal ini berarti masih sangat rendahnya kemampuan gerak dasar siswa
dalam melakukan gerak dasar dribel dalam bermain sepak bola. Pada siklus
pertama dengan pemberian foto dan gambar dribel diperoleh prosentase
ketuntasan belajar meningkat menjadi 40%. Hal itu berarti tindakan belum
memenuhi ketuntasan belajar. Pada siklus kedua dengan pemberian video
pembelajaran dribel untuk melakukan ketrampilan gerak dasar dribel diperoleh
ketuntasan belajar mengalami peningkatan sebesar 100%. Hal ini berarti proses
pembelajaran telah mencapai ketuntasan secara klasikal dengan peningkatan hasil
belajar lebih dari 50%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran
dribel sepakbola dengan menggunakan media audio visual dapat memperbaiki dan
meningkatkan hasil pembelajaran ketrampilan gerak dasar dribel dalam bermain
sepak bola pada siswa kelas 5 di SDN 3 Kaorgading Tahun Pelajaran 2011/2012.IMRON CAHYADI 1013126012