Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T22:24:33ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-12-02T05:01:27Z2015-12-02T05:01:28Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15033This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/150332015-12-02T05:01:27ZUPAYA MENINGKATKAN GERAK DASAR TOLAK PELURU DENGAN
MENGGUNAKAN ALAT MODIFIKASI PADA SISWA KELAS V
DI SD NEGERI BINJAI WANGI KECAMATAN PUGUNG
KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN
2011/2012Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran gerak dasar
tolak peluru pada siswa kelas V SD Negeri Binjai Wangi, Kecamatan Pugung, Kabupaten
Pringsewu Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan penggunaan alat motifikasi berupa bola plastik
yang diisi semen dengan ukuran berat 2 kg untuk putrid dan 2,5 kg untuk siswa putra dan bola
plastik yang diisi semen dengan ukuran berat peluru standar yunior.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research),
dengan menggunakan dua siklus. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri
Binjai Wangi, Kecamatan Pugung, Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2011/2012 yang
berjumlah 16 siswa terdiri dari 11 putra dan 5 putri. Sedangkan teknik pengumpulan data
dilakukan denganobservasi dan menggunakan instrumen penilaian tes gerak dasar tolak peluru.
Hasil penelitian menunjukkan: pada tes awal hanya mencapai ketuntasan 6% hal ini berarti masih
sangat rendahnya kemampuan gerak dasar siswa dalam melakukan gerak dasar tolak peluru. Pada
siklus pertama dengan penggunaan modifikasi alat bantu berupa bola plastik yang diisi semen
dengan ukuran berat 2 kg untuk putrid dan 2,5 kg untuk siswa putra diperoleh prosentase
keberhasilan ketuntasan belajar meningkat menjadi 44%, hal itu berarti tindakan belum
memenuhi ketuntasan belajar. Pada siklus kedua dengan penggunaanmodifikasi alat bantu berupa
bola plastik yang diisi semen dengan ukuran berat peluru standar yunior diperoleh prosentase
keberhasilan ketuntasan belajar mengalami peningkatan menjadi 88%, hal ini berarti proses
pembelajaran telah mencapai ketuntasan secara klasikal dengan peningkatan hasil belajar lebih
dari 50%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran atletik khususnya pada materi
gerak dasar tolak peluru menggunakan modifikasi alat modifikasi dapat memperbaiki dan
meningkatkan hasil pembelajaran keterampilan gerak dasar tolak peluru pada siswa kelas V SD
Negeri Binjai Wangi, KecamatanPugung, Kabupaten Pringsewu TahunPelajaran 2011/2012.W A L U Y O 1013126039