Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:00:45ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-12-07T02:03:36Z2015-12-07T02:03:36Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15189This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/151892015-12-07T02:03:36ZPENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN
ALAM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT
TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V SDN 1
MARGOYOSO KECAMATAN SUMBEREJO TANGGAMUS
TAHUN PELAJARAN 2011/2012Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar
siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V SD Negeri 1 Margoyoso
Kecamatan Sumberejo Tanggamus hal ini terlihat dari nilai rata-rata siswa yang
hanya mencapai nilai 56,60.
Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD).
Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan
menggunakan PTK. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teams
achievement division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
pada setiap siklusnya.
Hasil rincian peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus 25,92%, siklus
2 88,89, dan untuk hasil belajar siswa peningkatan dari siklus I nilai rata-rata kelas
61,78 dengan ketuntasan belajar sebesar 48,18%, siklus 2 nilai rata-rata kelas 77,37
dengan ketuntasan belajar sebesar 92,59.
Dengan meningkatnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
IPA dengan menggunakan mode pembelajaran tipe STAD maka peneliti
menyimpulkan agar pembelajaran IPA dapat menggunakan dengan salah satu
pembelajaran tipe STAD agar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.Jamus 1013127017