Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T11:39:06ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-11-20T01:53:57Z2015-11-20T01:53:57Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14449This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/144492015-11-20T01:53:57ZSTUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN
TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) DITINJAU
DARI MOTIVASI BERPRESTASI
(Studi Pada Siswa Kelas X MAN 1 Model Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012)
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ; (1) perbedaan hasil belajar ekonomi yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS; (2) perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajarannya yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS; (3) perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS; (4) interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar ekonomi.
Rancangan dalam penelitian ini adalah penelitian comparatif dengan pendekatan eksperimen.Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X MAN I Bandar Lampung pada semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011 sejumlah 7 kelas. Sampel penelitian ini ditentukan secara cluster random sampling terdiri dari 2 kelas, kelas eksperimen yaitu kelas X4 menggunakan model Jigsaw dan kelas pembanding yaitu kelas X5 menggunakan model TPS. Masing-masing kelas terdiri dari 36 siswa. Teknik pengumpulan data untuk hasil belajar menggunakan tes dan motivasi berprestasi menggunakan skala. Uji hipotesis penelitian menggunakan analisis varian desain factorial dan uji t-test dua sampel independen.
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yang menunjukan bahwa ; (1) ada perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar ekonomi antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran tipe TPS. Fhitung 159,583 > Ftabel 3,978 Ha diterima ;(2) ada perbedaan signifikan hasil belajar ekonomi siswa motivasi berprestasi tinggi antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan tipe TPS. thitung -12,977 > ttabel -2,028 Ha diterima; (3) tidak ada perbedaan signifikan hasil belajar ekonomi siswa motivasi berprestasi rendah antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan tipe TPS. thitung 1,808 < ttabel 2,074 Ho diterima; (4) tidak ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan motivasi berprestasi. Fhitung 0,589 < Ftabel 4,062 Ho diterima.
Kata kunci : model pembelajaran Jigsaw, dan Think Pair and Share, hasil belajar.
Yemmi Makla 1023031063