Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:01:44ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-10-22T09:44:42Z2015-10-22T09:44:42Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13441This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/134412015-10-22T09:44:42ZPENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN
METODE GAME TEACHING KELAS V SDN 1 SURABAYA
KEC. KEDATON BANDAR LAMPUNG
TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013ABSTRAK
Berdasarkan hasil observasi awal pembelajaran untuk di kelas V SDN I Surabaya Kec. Kedaton
Bandar Lampung diketahui bahwa rata-rata hasil belajar siswa masih rendah yaitu berkisar
dibawah kreteria ketutasan minimum (KKM) yang ditentukan sekolah 65.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan
game teaching pada materi pecahan pada siswa kelas V SDN 1 Surabaya Bandar Lampung pada
semester genap tahun pelajaran 201 2 / 2013.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, karena penelitian tindakan kelas adalah
merupakan penelitian yang lebih sesuai dengan tugas pokok dan fungsi guru, meningkatkan
kualitas pembelajaran, meningkatkan kualitas siswa, serta mencapai tujuan pembelajaran atau
pendidikan. Penelitian dilaksanakan dalam beberapa siklus yang masing-masing siklus terdiri
dari empat tahap yaitu : perencanaan (planning), implementasi (pelaksanaan), observasi
(pengamatan), dan refleksi.
Hasil penelitian manunjukkan bahwa setelah dilakukan perbaikan pembelajaran hasil belajar
siswa 46,66% pada siklus I menjadi 93,33% pada siklus II, adanya peningkatan dari siklus I ke
siklus II 46,66%. Pada akhir siklus hasil belajar siswa mengaalami kenaikan di atas KKM yang
telah ditetapkan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode Game Teaching
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Belajar matematika, dengan metode game taching.Roslina 1113069079