Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T13:52:44ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-15T03:02:53Z2016-01-15T03:02:53Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17756This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/177562016-01-15T03:02:53ZPENINGKATAN KETERAMPILAN GERAK DASAR MENENDANG BOLA
MENGGUNAKAN KURA-KURA KAKI ATAU KAKI BAGIAN PUNGGUNG
DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU MODIFIKASI PADA SISWA
KELAS V SDN 1 PADANGRATU KABUPATEN PESAWARAN
TAHUN PELAJARAN 2011/2012Abstrak
Penddidikan jasmani merupakan suatu proses pembelajaran yang didesain untuk
meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik,
pengetahuan dan hidup aktif serta sikap sportif melalui kegiatan pendidikan
jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
gerak dasar menendang bola dengan punggung kaki melalui metode pembelajaran
modifikasi alat bantu pada siswa kelas V SD Negeri 1 Padangratu Kabupaten
Pesawaran Tahun Pelajaran 2011/2012.
Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian
Tindakan Kelas (Class room Action Reserch), dengan Dua siklus, dimana pada
setiap siklus menggunakan tindakkan yang berbeda-beda. Siklus pertama dengan
bola modifikasi terbuat dari busa bekas dibuat seperti bola dan dibungkus dengan
pelastik bekas, dan siklus kedua dengan modifikasi bola plastik sebanyak siswa.
Subyek dalam penelitian ini adalah siswa V SD Negeri 1 Padangratu Kabupaten
Pesawaran Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 25 siswa. Pengumpulan
data diambil dari tes berupa pengamatan keterampilan gerak dasar menendang
bola dengan punggung kaki yang meliputi sikap awal, pelaksanaan, dan sikap
akhir.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan gerak dasar
menendang bola dengan punggung kaki melalui penggunaan modifikasi alat bantu
pada setiap siklusnya, adapun peningkatan pada setiap siklus adalah sebagai
berikut siklus pertama sebesar 60,00 %, siklus kedua sebesar 88,00 %.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan bola modifikasi
siswa lebih banyak memahami cara menendang dengan punggung kaki maupun
kura-kura kaki, sehingga dapat menghilangkan keraguan bawah bermain bola kaki
itu membuat kaki sakit.Dulatip 11131080012016-01-14T02:36:55Z2016-01-14T02:36:55Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17165This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/171652016-01-14T02:36:55ZPENINGKATAN KETERAMPILAN GERAK DASAR MENENDANG BOLA
MENGGUNAKAN KURA-KURA KAKI ATAU KAKI BAGIAN PUNGGUNG
DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU MODIFIKASI PADA SISWA
KELAS V SDN 1 PADANGRATU KABUPATEN PESAWARAN
TAHUN PELAJARAN 2011/2012Abstrak
Penddidikan jasmani merupakan suatu proses pembelajaran yang didesain untuk
meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik,
pengetahuan dan hidup aktif serta sikap sportif melalui kegiatan pendidikan
jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
gerak dasar menendang bola dengan punggung kaki melalui metode pembelajaran
modifikasi alat bantu pada siswa kelas V SD Negeri 1 Padangratu Kabupaten
Pesawaran Tahun Pelajaran 2011/2012.
Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian
Tindakan Kelas (Class room Action Reserch), dengan Dua siklus, dimana pada
setiap siklus menggunakan tindakkan yang berbeda-beda. Siklus pertama dengan
bola modifikasi terbuat dari busa bekas dibuat seperti bola dan dibungkus dengan
pelastik bekas, dan siklus kedua dengan modifikasi bola plastik sebanyak siswa.
Subyek dalam penelitian ini adalah siswa V SD Negeri 1 Padangratu Kabupaten
Pesawaran Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 25 siswa. Pengumpulan
data diambil dari tes berupa pengamatan keterampilan gerak dasar menendang
bola dengan punggung kaki yang meliputi sikap awal, pelaksanaan, dan sikap
akhir.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan gerak dasar
menendang bola dengan punggung kaki melalui penggunaan modifikasi alat bantu
pada setiap siklusnya, adapun peningkatan pada setiap siklus adalah sebagai
berikut siklus pertama sebesar 60,00 %, siklus kedua sebesar 88,00 %.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan bola modifikasi
siswa lebih banyak memahami cara menendang dengan punggung kaki maupun
kura-kura kaki, sehingga dapat menghilangkan keraguan bawah bermain bola kaki
itu membuat kaki sakit.Dulatip 11131080012015-04-16T06:02:02Z2015-09-09T07:36:41Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8426This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84262015-04-16T06:02:02ZPENINGKATAN KETERAMPILAN GERAK DASAR MENENDANG BOLA
MENGGUNAKAN KURA-KURA KAKI ATAU KAKI BAGIAN PUNGGUNG
DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU MODIFIKASI PADA SISWA
KELAS V SDN 1 PADANGRATU KABUPATEN PESAWARAN
TAHUN PELAJARAN 2011/2012enddidikan jasmani merupakan suatu proses pembelajaran yang didesain untuk
meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik,
pengetahuan dan hidup aktif serta sikap sportif melalui kegiatan pendidikan
jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
gerak dasar menendang bola dengan punggung kaki melalui metode pembelajaran
modifikasi alat bantu pada siswa kelas V SD Negeri 1 Padangratu Kabupaten
Pesawaran Tahun Pelajaran 2011/2012.
Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian
Tindakan Kelas (Class room Action Reserch), dengan Dua siklus, dimana pada
setiap siklus menggunakan tindakkan yang berbeda-beda. Siklus pertama dengan
bola modifikasi terbuat dari busa bekas dibuat seperti bola dan dibungkus dengan
pelastik bekas, dan siklus kedua dengan modifikasi bola plastik sebanyak siswa.
Subyek dalam penelitian ini adalah siswa V SD Negeri 1 Padangratu Kabupaten
Pesawaran Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 25 siswa. Pengumpulan
data diambil dari tes berupa pengamatan keterampilan gerak dasar menendang
bola dengan punggung kaki yang meliputi sikap awal, pelaksanaan, dan sikap
akhir.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan gerak dasar
menendang bola dengan punggung kaki melalui penggunaan modifikasi alat bantu
pada setiap siklusnya, adapun peningkatan pada setiap siklus adalah sebagai
berikut siklus pertama sebesar 60,00 %, siklus kedua sebesar 88,00 %.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan bola modifikasi
siswa lebih banyak memahami cara menendang dengan punggung kaki maupun
kura-kura kaki, sehingga dapat menghilangkan keraguan bawah bermain bola kaki
itu membuat kaki sakit.Dulatip 1113108001