Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T02:25:20ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-15T04:00:59Z2016-01-15T04:00:59Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17938This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/179382016-01-15T04:00:59ZPENINGKATAN KETERAMPILAN DASAR BERMAIN SEPAK BOLA
MELALUI PEMBELAJARAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS V
SD NEGERI KERTASANA KECAMATAN KEDONDONG
KABUPATEN PESAWARANAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan memperbaiki keterampilan gerak
dasar bermain sepakbola pada siswa kelas V SD Negeri Kertasana Kedondong
Kabupaten Pesawaran melalui model pembelajaran kelompok.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom
Action Research) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri
Kertasana Kedondong Kabupaten Pesawaran yang berjumlah 19 siswa, dengan
perincian 10 laki-laki dan 9 perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data
dilakukan melalui observasi dengan menggunakan instrumen penilaian tes
keterampilan gerak dasar bermain sepakbola.
Hasil penelitian menunjukkan: pada siklus pertama diperoleh prosentase
keberhasilan ketuntasan belajar 21,05%, pada siklus kedua diperoleh prosentase
keberhasilan ketuntasan belajar sebesar 42,10%, dan pada siklus ketiga diperoleh
prosentase keberhasilan belajar sebesar 68,42%. Berdasarkan nilai rerata untuk
meningkatkan hasil pembelajaran harus diberi perlakuan yang sesuai dengan
menggunakan metode yang telah ditetapkan. Hasil peningkatan ≥ 50% itu artinya
hasil pembelajaran keterampilan dasar bermain sepakbola dengan menggunakan
model pembelajaran kelompok menunjukan telah terjadi peningkatan. Dengan
kondisi tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran keterampilan dasar pada
permainan sepakbolai siswa kelas V SD Negeri Kertasana Kecamatan Kedondong
telah berhasil ditingkatkan dan proses pembelajaran di kelas tersebut dianggap
telah tuntas pula.SUDARSUN 11131080072015-04-28T02:15:56Z2015-09-09T07:34:04Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8881This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88812015-04-28T02:15:56Z PENINGKATAN KETERAMPILAN DASAR BERMAIN SEPAK BOLA
MELALUI PEMBELAJARAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS V
SD NEGERI KERTASANA KECAMATAN KEDONDONG
KABUPATEN PESAWARANPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan memperbaiki keterampilan gerak
dasar bermain sepakbola pada siswa kelas V SD Negeri Kertasana Kedondong
Kabupaten Pesawaran melalui model pembelajaran kelompok.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom
Action Research) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri
Kertasana Kedondong Kabupaten Pesawaran yang berjumlah 19 siswa, dengan
perincian 10 laki-laki dan 9 perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data
dilakukan melalui observasi dengan menggunakan instrumen penilaian tes
keterampilan gerak dasar bermain sepakbola.
Hasil penelitian menunjukkan: pada siklus pertama diperoleh prosentase
keberhasilan ketuntasan belajar 21,05%, pada siklus kedua diperoleh prosentase
keberhasilan ketuntasan belajar sebesar 42,10%, dan pada siklus ketiga diperoleh
prosentase keberhasilan belajar sebesar 68,42%. Berdasarkan nilai rerata untuk
meningkatkan hasil pembelajaran harus diberi perlakuan yang sesuai dengan
menggunakan metode yang telah ditetapkan. Hasil peningkatan ≥ 50% itu artinya
hasil pembelajaran keterampilan dasar bermain sepakbola dengan menggunakan
model pembelajaran kelompok menunjukan telah terjadi peningkatan. Dengan
kondisi tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran keterampilan dasar pada
permainan sepakbolai siswa kelas V SD Negeri Kertasana Kecamatan Kedondong
telah berhasil ditingkatkan dan proses pembelajaran di kelas tersebut dianggap
telah tuntas pula.SUDARSUN 1113108007