Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:25:17ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-12-07T02:10:26Z2015-12-07T02:10:26Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15057This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/150572015-12-07T02:10:26ZPENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN
AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (TEMATIK) KELAS
III SDN TALANG SEPUH KECAMATAN TALANGPADANG
KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN
PELAJARAN 2012/2013 Aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Talang Sepuh Kecamatan Talangpadang Kabupaten Tanggamus Tahun Pelajaran 2012/2013 masih rendah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui pembelajaran Kontekstual pada siswa Kelas III Sekolah Dasar
Negeri Talang Sepuh Kecamatan Talangpadang Kabupaten Tanggamus Tahun
Pelajaran 2012/2013.
Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Talang Sepuh semester genap tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 19 siswa terdiri 11 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Dalam penelitian ini data yang
diperoleh berupa aktivitas kinerja guru serta aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas
kinerja guru diperoleh saat peneliti melaksanakan pembelajaran pada setiap siklus, aktivitas dan hasil belajar siswa diperoleh berdasarkan hasil post-test serta ketuntasan
belajar pada masing-masing siklus. Instrumen yang digunakan yaitu lembar aktivitas
guru, lembar aktivitas siswa dan LKS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Kontekstual pada materi mengenal pecahan sederhana dapat dilaksanakan dengan baik sehingga
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil penerapan pembelajaran Kontekstual. Persentase aktivitas belajar siswa siklus I
mendapat rata-rata 47,50% meningkat menjadi 82,50% pada siklus II. Nilai hasil belajar siswa rata-rata pada siklus I 56,32 dengan ketuntasan belajar sebesar 47,37 %,
meningkat pada siklus II yaitu rata-rata 77,37 dengan ketuntasan belajar sebesar 84,21 %. Hasil penelitian menunjukkan ada perubahan aktivitas belajar siswa siklus I dan
siklus II naik sebesar 35 % dan ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II naik sebesar 36,84 %.
Berdasarkan data di atas diperoleh kesimpulan bahwa penerapan
pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika
pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Talang Sepuh Kecamatan Talangpadang Kabupaten Tanggamus.Meri Yanti 1113127010