Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:33:01ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-06-15T04:05:44Z2016-06-15T04:05:44Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22506This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/225062016-06-15T04:05:44ZPENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR
IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 2 METRO PUSAT
TAHUN PELAJARAN 2015/2016Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar
pada mata pelajaran IPS di kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SD Negeri 2 Metro
Pusat Tahun Pelajaran 2015/2016 melalui penerapan strategi pembelajaran
berbasis masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan
kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yang masing-masing
siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, (c)
pengamatan, dan (d) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
lembar observasi dan tes formatif yang dianalisis menggunakan analisis kualitatif
dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi
pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS
siswa. Dibuktikan dengan nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I dalam
kategori cukup aktif sedangkan siklus II mencapai kategori aktif. Nilai rata-rata
hasil belajar siswa pada siklus I dalam kategori cukup tinggi sedangkan pada
siklus II dengan kategori tinggi.
Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, aktivitas, hasil belajar.(1213053002) ACHMAD NASHIHINnanashihinachmad02@gmail.com