Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:43:15ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2014-12-22T08:52:01Z2015-03-18T07:52:23Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/6018This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60182014-12-22T08:52:01ZPENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 2 PALAPA BANDAR LAMPUNG
TAHUN PELAJARAN 2013/2014ABSTRAK
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 2 PALAPA BANDAR LAMPUNG
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Oleh
AIDA SARI
Tujuan penelitian ini adalah 1) meningkatkan aktivitas belajar dengan menggunakan metode diskusi pada siswa kelas IV semester 1 tahun 2013/2014 di SD Negeri 2 Palapa Kecamatan Tanjung Karang Timur Bandar Lampung, 2) meningkatkatkan hasil belajara dengan menggunakan metode diskusi pada siswa kelas IV semester 1 tahun 2013/2014 SD Negeri 2 Palapa Kecamatan Tanjung Karang Timur Bandar Lampung. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan 3 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi siswa serta tes hasil belajar disetiap siklusnya. Selanjutnya data dianalis dengan cara menganalisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa krlas IV SD Negeri 2 Palapa Kecamatan Tanjung Karang Timur Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014.
Kata kunci : metode diskusi, Aktivitas, dan Hasil Belajar.1113069003 AIDA SARIaidasari49@yahoo.com