Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:50:38ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-03-13T07:23:15Z2017-03-13T07:23:15Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26052This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/260522017-03-13T07:23:15ZPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP GAYA BELAJAR VISUAL DAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI I
SEPUTIH AGUNG TAHUN AJARAN
2015/2016
ABSTRAK
Mutu pendidikan tidak terlepas dari hasil belajar siswa, sehingga faktor siswa adalah
yang diperlukan dalam memajukan pembelajaran dalam usaha meningkatkan mutu
pendidikan, oleh sebab itu dalam keseluruhan pendidikan di sekolah salah satunya
dapat dilihat dari hasil belajarnya. Salah satu model pembelajaran yang dapat
meningkatkan hasil belajar adalah model pembelajaran Example non Example.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh yang positif dan
signifikan antara model pembelajaran Example non Example terhadap gaya belajar
visual dan hasil belajar kognitif mata pelajaran sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 1
Seputih Agung Kecamatan Seputih Agung Tahun Ajaran 2015/2016?”. Tujuan
penelitian ini adalah “ untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif dan signifikan
antara model pembelajaran Example non Example terhadap gaya belajar visual dan
hasil belajar kognitif mata pelajaran sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Seputih
Agung Kecamatan Seputih Agung Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian menggunakan
desain penelitian One Group Pretest-Posttest Desaign. Sampel dipilih secara Random
menggunakan teknik Cluster Sampling.
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Korelasi Product Moment dan
uji t. Berdasarkan hasilpenelitian menunjukan hasilnya bahwa r = 0,8 yang berarti
korelasi antara variabel x dan y ada pada taraf positif. Besarnya keberartian korelasi
hasiln penelitian menunjukan t
hitung
8,473 > t
1,4. Hasil analisis data yang telah
dilakukan menghasilkan bahwa“ada pengaruh yang postif dan signifikan antara
model pembelajaran Example non Example (X) terhadap gaya belajar visual (Y
tabel
) dan
hasil belajar kognitif (Y
) pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 3 di SMA Negeri
1 Seputih Agung”.
Kata kunci : example non example, gaya belajar visual, hasil belajar sejarah.
2
11213033004 ANDI NOVRIANTOandikocik@gmail.com