Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T16:11:37ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-04-29T08:42:59Z2016-04-29T08:42:59Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22086This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/220862016-04-29T08:42:59ZOPTIMALISASI TEBAL PERKERASAN
PADA PEKERJAAN PELEBARAN JALAN DENGAN
METODE MDPJ 02/M/BM/2013 DAN PT T-01-2002-BSetiap tahun pemerintah mengeluarkan anggaran yang besar untuk pengembangan
sarana dan prasarana transportasi, terutama dalam pengembangan transportasi
darat dengan melakukan penambahan kapasitas jalan raya. Penambahan kapasitas
ini dilakukan dengan melakukan pelebaran jalan terutama pada jalan-jalan yang
tidak dapat lagi menampung volume kendaraan ataupun jalan-jalan yang
diprediksi akan dilalui oleh volume kendaraan yang tinggi. Untuk itu dibutuhkan
solusi desain tebal perkerasan didasarkan pada analisis biaya umur layanan
(discounted) termurah dan pertimbangan sumber daya konstruksi dengan desain
life cycle cost yang minimum.
Penelitian ini dilakukan di Jalan A. H. Nasution pada ruas Metro - Gedung Dalam.
Dalam menentukan tebal perkerasan lentur, penelitian ini menggunakan metode
“Manual Desain Perkerasan Jalan 02/M/BM/2013”, “Pedoman Perencanaan Tebal
Perkerasan Lentur Pt T-01-2002-B” dan Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur
Jalan Raya dengan Metode Analisa Komponen 387-KPTS-1987. Setelah itu
dilakukan analisis untuk memprediksi kerusakan jalan yang akan datang selama
umur rencana atau life cycle design berdasarkan nilai IRI. Dari hasil perencanaan
life cycle design ini dikembangkan untuk mendapatkan jenis perkerasan yang
terbaik berdasarkan analisis biaya siklus hidup (life cycle cost analysis).
Dari analisis yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa biaya siklus hidup
untuk metode MDPJ 02/M/BM/2013 sebesar Rp 27.762.722.989,75; metode Bina
Marga Pt-T-01-2002-B sebesar Rp 32.643.124.163,76 dan metode Bina Marga
1987 sebesar Rp 33.904.014.800,76. Desain dengan biaya konstruksi awal
terendah yaitu perkerasan dengan metode Bina Marga Pt-T-01-2002-B, sedangkan
desain dengan biaya siklus hidup terendah adalah perkerasan dengan metode
MDPJ 02/M/BM/2013 yang merupakan tebal perkerasan yang paling optimal.
Kata kunci : perkerasan lentur, life cycle cost, life cycle design, IRI OPTIMIZATION OF PAVEMENT THICKNESS FOR ROAD WIDENING
WORK BY USING MDPJ 02/M/BM/2013 AND PT T-01-2002-B METHOD Every year, goverment incur huge cost for development of facilities and
infrastructures of transportation, especially land transportation development by
increasing the road capacity. This capacity expansion is done by widening the
road, especially on roads that can no longer accommodate the volume of vehicles
or roads that predicted will be passed by the high volume of vehicles. Therefore it
is required pavement thickness design solutions that based on a life cycle cost
analysis and the lowest consideration of construction resources to the minimum
life cycle cost design.
This research was conducted in A. H. Nasution Street, on Metro - Gedung Dalam
segment. To determine the flexible pavement thickness, this research uses
“Manual Desain Perkerasan Jalan 02/M/BM/2013”, “Pedoman Perencanaan Tebal
Perkerasan Lentur Pt T-01-2002-B” and “Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur
Jalan Raya dengan Metode Analisa Komponen 387-KPTS-1987 methods”. After
that, analyze the road deterioration that will happen during the life design or life
cycle design that based on the value of IRI. The results of life cycle design was
developed to get the best pavement type that based on the life cycle cost analysis.
From the analysis that has been done, life cycle cost of MDPJ 02/M/BM/2013
method is Rp 27.762.722.989,75; Bina Marga Pt-T-01-2002-B method is
Rp 32.643.124.163,76 and Bina Marga 387/KPTS/1987 method is
Rp 33.904.014.800,76. The design with the lowest initial cost is a pavement
design by using Bina Marga Pt-T-01-2002-B method, whereas the design with the
lowest life cycle cost is a pavement design by using MDPJ 02/M/BM/2013
method and the most optimal pavement thickness.
Keywords : flexible pavement, life cycle cost, life cycle design, IRI1215011012 ANDRIANSYAHgua.andri@yahoo.co.id