Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:10:08ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-04-22T06:59:54Z2016-04-22T06:59:54Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21842This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/218422016-04-22T06:59:54ZPENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS NASABAH MELALUI KEPUASAN NASABAH PADA KANTOR PUSAT BMT AMANAH SENTOSA ABADI PASIR SAKTI LAMPUNG TIMURPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh relationship marketing, dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah pada BMT Amanah Sentosa Abadi Pasir Sakti Lampung Timur. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 6882 nasabah. Teknik sampling dengan menggunakan Non Probability Sampling dengan menggunakan teknik Accidental Sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 99 nasabah. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis Regresi Linier dan Path Analysis. Subjek penelitian yaitu nasabah BMT Amanah Sentosa Abadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif, dengan pendekatan ex post facto dan metode survey. Pengujian hipotesis pertama, kedua dan ketiga menggunakan uji t sedangkan hipotesis keempat menggunakan uji F. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan program relationship marketing terhadap kepuasan nasabah pada kantor pusat BMT Amanah Sentosa Abadi Pasir Sakti Lampung Timur tahun 2016. 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah pada kantor pusat BMT Amanah Sentosa Abadi Pasir Sakti Lampung Timur tahun 2016. 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan program relationship marketing terhadap loyalitas nasabah pada kantor pusat BMT Amanah Sentosa Abadi Pasir Sakti Lampung Timur tahun 2016. 4) Ada pengaruh yang positif dan signifikan program relationship marketing terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan nasabah pada BMT Amanah Sentosa Abadi Pasir Sakti Lampung Timur tahun 2016. Kata kunci: kepuasan nasabah, loyalitas nasabah, relationship marketing.1213031005 ANGGA HERMANSYAHhermansyah.angga@gmail.com