Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T13:40:24ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-08-22T07:58:33Z2017-08-22T07:58:33Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28046This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/280462017-08-22T07:58:33ZHUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI
BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 9
TEGINENENG KABUPATEN PESAWARANMasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar peserta didik pada
mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui hubungan
yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar matematika
pada siswa kelas V SD Negeri 9 Tegineneng Kabupaten Pesawaran. Jenis
penelitian ini adalah ex-postfacto korelasi. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner (angket) untuk memperoleh data variabel kecerdasan
emosional dan studi dokumentasi untuk memperoleh data variabel prestasi
belajar. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert. Teknik
analisis data dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment dan Uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara
kecerdasan emosional dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas V SD
Negeri 9 Tegineneng.
Kata kunci: kecerdasan emosional, matematika, prestasi belajar.1313053018 ANISA REDHA MEISYURIanisaredhameisyuri@gmail.com