Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:16:24ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-04-26T08:44:43Z2016-04-26T08:44:43Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21881This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/218812016-04-26T08:44:43ZANALISIS PENDAPATAN DAN PEMASARAN KAKAO DI
KECAMATAN SEKAMPUNG UDIK KABUPATEN LAMPUNG TIMURPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pendapatan usahatani kakao di
Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur dan (2) sistem
pemasaran kakao di Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur.
Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung
Timur dengan menggunakan metode survai pengumpulan data dilakukan pada
bulan Februari - Maret 2014. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan
data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara terhadap 45 petani yang
ditentukan berdasarkan simple random sampling dan data sekunder diperoleh dari
instansi terkait. Analisis data yang digunakan adalah analisis pendapatan
usahatani dananalisis efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
(1) usahatani kakao di Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur
menguntungkan bagi petani, dengan rasio penerimaan dengan total biaya sebesar
2,02 dan (2) sistem pemasaran kakao di Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten
Lampung Timur berlangsung tidak efisien, hal ini ditunjukkan oleh rantai
tataniaga yang panjang. Ratio Profit Margin (RPM) antara lembaga perantara
pemasaran yang terlibat tidak merata dan nilai elastisitas transmisi harga sebesar
1,05 yang artinya bahwa pasar yang terjadi adalah pasar tidak bersaing sempurna.
Kata kunci : efisiensi pemasaran, usahatani kakao
ABSTRACT
This study aims to analyze the cocoa farm income in Sekampung Udik Lampung
Timur and the marketing of cocoa in Sekampung Udik of East Lampung Regency.
This research was conducted in in Sekampung Udik of East Lampung Regency by
survey methold in February-March 2014. Data collected in the form of primary
and secondary data. The primary data was obtained by interviewing 45 farmer
who were drawn by simple random sampling. The secondary data was obtained
from the relevant institutions. Analysis of the data used is the analysis of farm
revenue and marketing efficiency analysis. The results showed that cocoa
farming in Sekampung Udik of East Lampung was profitable for farmers, in
which the revenue ratio at a total cost of $2.02 and cocoa marketing system in
Sekampung Udik SubDistrict of East Lampung District lasted inefficient. This
was occured by the long chain of business administration. The Ratio Profit
Margin ( RPM ) between intermediaries marketing involved uneven and the price
transmission elasticity value was 1.05, this means that the market was not
perfectly competitive.
Keywords : cocoa farming, marketing efficiency 0854023004 ARIEF NURDIANSYAHarief_nurdiansyah13@yahoo.com