Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T08:34:49ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-05-08T07:41:12Z2017-05-08T07:41:12Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26628This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/266282017-05-08T07:41:12Z“Strategi Customer Relations Hotel Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan”
( Studi Komparasi Pada Hotel Horison dan Hotel Pop Bandarlampung)ABSTRAK
Pertumbuhan investasi di bidang jasa perhotelan di Bandarlampung berkembang pesat
beberapa tahun belakangan. Bisnis dalam bidang jasa perhotelan memang menjadi daya tarik
tersendiri bagi para investor maupun para pengusaha dalam memulai bisnis. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi public relations Hotel Horison dan Hotel Pop
di Bandarlampung dalam melayani pelanggan. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei
eksplanatif yaitu survey yang dilakukan untuk menjelaskan hubungan antara dua atau lebih
variabel. Populasi penelitian ini adalah Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan atau
tamu Hotel Horison dan Hotel Pop Bandarlampung, sampel dalam penelitian ini adalah 100
orang responden yang pernah menginap di Hotel Horison dan Hotel Pop Bandarlampung.
Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan Uji
Independent Samples T-test. Diketahui nilai t-hitung tingkat kepuasan pelanggan antara Hotel
Horison dan Hotel Pop Bandarlampung adalah 3,259 dengan probabilitas 0,002. Karena
probabilitas (Sig). 0,002< 0,005 Ho ditolak. Sehingga berarti terdapat perbedaan yang
signifikan antara pelanggan Hotel Horison dengan Hotel Pop Bandarlampung. Hasil
penelitian menyatakan bahwa pelanggan lebih merasa puas dan nyaman dengan pelayanan
Hotel Pop dibandingkan dengan Hotel Horison Lampung. Hotel Horison dan Hotel Pop
Lampung memiliki tingkatan level bintang yang berbeda, Hotel Horison merupakan Hotel
bintang 3 sedangkan Hotel Pop merupakan Hotel bintang 2. Hotel Pop berada satu level
dibawah Hotel Horison. Tapi hal ini bukan berarti pelanggan akan lebih puas dengan
pelayanan Hotel Horison yang bintang 3 dibanding Hotel Pop yang bintang 2.
Kata Kunci: customer relations, pelayanan, dan pelanggan
ABSTRACT
Investment growth in the service sector hospitality Bandarlampung thrived in recent
years.Business in the service sector hotel has become attraction for investors and
entrepreneurs in starting business. This study attempts to see how the public relations horison
hotel and hotels pop in Bandarlampung in serve their customers. The research is research
eksplanatif the survey conducted to define the connection between two or more variables.
The population research is a population of the research is a customer or hotel guests horison
and hotels pop Bandarlampung, included in this study is 100 respondents who stayed at the
hotel horison and hotels pop bandarlampung. Data collection using a questionnaire. Data
analyzed using the independent samples t-test. Known value t-hitung the customer
satisfaction horison between hotel and hotels pop Bandarlampung is 3,259 with probabilities
0,002. Because the probability ( sig ) 0,002 & it 0,005 Ho rejected. So that means there are
significant differences between a customer of a hotel horison with hotel pop bandarlampung.
The results indicated that customers are satisfied and more comfortable with hotel services
pop compared with hotel horison lampung. Hotel horison and hotels lampung having pop star
levels level different ,hotels are hotels the horison 3 while hotel pop star hotel is 2 .Hotel pop
be a level under hotel horison .But this does not mean that customers will be satisfied with
hotel services that the horison 3 than hotel pop that the 2
Keywords: customer relations, serving, and costumer.1216031019 ARIF FIANTO arifkomunikasi12@gmail.com