Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:08:20ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-08-26T02:14:03Z2016-08-26T02:14:03Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23672This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/236722016-08-26T02:14:03ZPENGARUH SIKAP, PERSEPSI NILAI DAN PERSEPSI PELUANG KEBERHASILAN
TERHADAP NIAT MENYAMPAIKAN KELUHAN. (Studi Kasus Pada Pengguna Online
Shop di Fisip Unila).Tujuan penelitian untuk memberikan gambaran mahasiswa tentang fenomena yang sedang marak
di dunia maya tentang penjualan secara online terutama mahasiswa Fisip Unila, untuk
mengetahui keluhan-keluhan konsumen pada perusahaan online shop, dan untuk mengetahui
penanggulangan masalah keluhan konsumen pada perusahaan online shop. Populasi penelitian
ini adalah seluruh mahasiswa Fisip Unila dengan sampel penelitian 40 orang responden
menggunakan metode purposive sampling, yakni sampel yang dipilih dengan kriteria tertentu.
Sedangkan alat analisis data yang digunakan adalah analisis linear berganda. Hasil uji t
menunjukan variabel pengaruh sikap berpengaruh terhadap niat menyampaikan keluhan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory (tingkat penjelasan) penelitian
tingkat penjelasan adalah penelitian yang bermaksud menjelaskan kedudukan variabel-variabel
yang diteliti serta hubungan antar satu sama lainnya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan
variabel dari niat menyampaikan keluhan yaitu pengaruh sikap, persepsi terhadap niat keluhan,
dan persepsi terhadap peluang keberhasilan dan menyampaikan keluhan.
Dengan demikian dapat disimpulkan rata-rata mahasiswa Fisip mempunyai pengaruh sikap
setuju terhadap pernyataan menyampaikan keluhan pada pengelola online shop jika merasa tidak
puas. Uji t untuk variabel persepsi nilai tidak berpengaruh terhadap niat menyampaikan keluhan.
Uji t untuk variabel persepsi peluang keberhasilan tidak berpengaruh terhadap niat
menyampaikan keluhan, sedangkan hasil uji simultan bahwa ketiga variabel tersebut bersamasama
berpengaruh signifikan terhadap niat menyampaikan keluhan .
Kata kunci : Sikap, Persepsi Nilai, dan Keluhan.
ABSTRACT
The research objective to give students an overview of the phenomenon that is emerging in the
virtual world of online sales, especially FISIP Unila, to determine the complaints of consumers
on the company's online shop, and to know the deal with the problem of consumer complaints at
the company's online shop. The study population was the whole FISIP Unila sample of 40
respondents using purposive sampling method, the sample is selected with certain criteria. While
data analysis tool used is multiple linear analysis. T test results showed the influence of variables
affect the attitude of intention to make a complaint.
This type of research is explanatory research ( level description ) explanation level research is
research that intends to explain the position of the variables that were analyzed and the
relationship between each other. In this study, researchers used a variable of intention to make a
complaint that influence attitudes , perceptions of the complaint intention , and perception of the
chances of success and make a complaint.
It can be concluded on average FISIP have influence attitudes agree to the statement lodged a
complaint to the manager of the online shop if you feel dissatisfied. The t-test for the variable
value perception does not affect the intention to make a complaint. The t-test for the perception
variables affect the chance of success is not the intention to make a complaint, while
simultaneously test results that these three variables together have a significant effect on the
intention to make a complaint.
Keywords : Attitude, Perceived Value, and Complaints.0746051007 ARI SYAPRI WANTAMA ariehiedler@gmail.com