Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:13:54ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2014-05-12T05:16:25Z2014-05-12T05:16:25Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1573This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15732014-05-12T05:16:25ZSTUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR IPS TERPADU YANG
PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL STRUCTURED
DYADIC METHODS (SDM) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN
MEMPERHATIKAN ADVERSITY QUOTIENT (AQ) SISWA
(StudipadaKelas VIII SMP Negeri 1 Sukau, Lampung Barat TahunPelajaran
2013/2014)Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk
mengetahui efektivitas model pembelajaran dengan memperhatikan Adversity
Quotient (AQ) siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII
SMPNegeri 1 Sukau, Lampung BaratTahun Pelajaran 2013-2014 dengan sampel
penelitian adalah siswa kelas VIII B dan VIII C yang ditentukan dengan
teknikcluster random sampling. Data penelitian ini merupakan data kuantitatif
yang diperoleh melalui tes hasil belajar siswa berupa soal-soalyang berbentuk
pilihan berganda. Data juga diperoleh dengan menyebarkan angket untuk
mengklasifikasikan AQ siswa. Dari penelitianini, diperolehkesimpulanbahwa:
1. Hasil belajar IPS Terpadu siswa yang pembelajarannya menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe SDM lebih tinggi dibandingkan tipe
GI.Hasil pengujian memperlihatkan Ha diterima dan Ho ditolak dengan
menggunakan uji analisis varian dengan rumus Anava Dua Jalan
diperoleh Rosinta Hotmaida P. Purba D. Purba