Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-19T05:53:26ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-08-24T02:29:17Z2016-08-24T02:29:17Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23601This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/236012016-08-24T02:29:17ZPERBANDINGAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA YANG
DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM
TEACHING DAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE
STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (
PELAJARAN IPS TERPADU KELAS IX SMP NEGERI 3 JATI
AGUNG LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016ABSTRAK
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa
dan belum digunakannya model pembelajaran yang bervariasi dalam proses
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Subjek dalam penelitian
adalah seluruh siswa kelas IX. Penentuan subjek penelitian dilakukan secara acak
sehingga terpilih kelas IX A diajar menggunakan model pembelajaran Quantum
Teaching dan kelas IX B menggunakan model pembelajaran Cooperative tipe
STAD. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar
observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar IPS Terpadu.
Perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah data penelitian adalah Program
Micsoft Excel 2007.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
Kata Kunci: aktivitas siswa, hasil belajar, Quantum Teaching, Cooperative tipe
Student Team Achievement Division
ABSTRACT
The problems in this research are the students’ low activity and achievement, and
there is no various learning model in learning process. Therefore, this research
aims at finding out:
th
grade of SMPN 3 Jati Agung.
This research employs quasy-experimental designs. The subject of the research is
all students of 9
th
grade chosen randomly. Thus, IX A class was taught through
Quantum Teaching learning model while IX B was taught through Cooperative
type STAD learning model. The data collecting technique employed in this
research is observation sheet to observe the students’ learning activity and their
achievement in Social Studies. The software used to analyze the data was
Microsoft Excel 2007.
The result of the research shows that:
Key words: students’ learning activity, achievement, Quantum Teaching,
Cooperative type Student Team Achievement Division (1213034019 DEBBY PUSPARANIdebbypusparani@gmail.com