Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T15:20:42ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-03-03T03:42:16Z2016-03-03T03:42:16Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21419This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/214192016-03-03T03:42:16ZSTRATEGI KAMPANYE POLITIK PASANGAN CALON WALIKOTA
DAN WAKIL WALIKOTA BANDAR LAMPUNG DALAM
PILKADA SERENTAK TAHUN 2015
(Studi Kasus Calon Walikota Herman HN dan Calon Wakil Walikota
Muhammad Yusuf Kohar, Calon Walikota Tobroni Harun dan Calon Wakil
Walikota Komarunizar)Demokrasi merupakan suatu paham yang dianut oleh negara Indonesia, dimana
paham tersebut menyangkut ideologi tentang keikutsertaan rakyat yang
mempunyai hak untuk mendapatkan kesejahteraan. Untuk mewujudkan keinginan
rakyat maka diperlukan adanya suatu perwakilan dari rakyat yang nantinya akan
menampung aspirasi rakyat dan dapat menentukan kebijakan umum yang berguna
bagi rakyat. Pemilukada merupakan sarana memilih pemimpin di daerah seperti
memilih bupati, wakil bupati, walikota dan wakil walikota. Strategi kampanye
merupakan perencanaan dan manajemen kampanye yang dilakukan untuk
mencapai tujuan kampanye.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaiman strategi
kampanye politik calon Walikota dan Wakil Walikota Kota Bandar Lampung,
maka tipe penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yang
didasarkan pada data kualitatif.
Kesimpulan terdapat perbedaan strategi kampanye politik dalam pemilihan
Walikota dan Wakil Kota Bandar Lampung tahun 2015. maka saran yang
dikemukakan ditujukan kepada pihak yang paling terkait dengan isi pembahasan,
yaitu tim kampanye politik sebagai perencana dan pelaksana kegiatan-kegiatan
kampanye politik. Selanjutnya saran ditujukan kepada para peneliti yang berminat
untuk melakukan penelitian mengenai kampanye politik dalam pemilihan umum.
Saran-saran tersebut, yaitu: Kepada tim kampanye politik, perlu mengembangkan
teknik-teknik kampanye alternatif yang bersifat kreatif dan dapat dirasakan
manfaatnya secara langsung oleh masyarakat, sehingga biaya untuk kampanye
politik tidak terbuang percuma. Selain itu perlu dikembangkan teknik-teknik
kampanye yang sifatnya memberikan pendidikan politik untuk masyarakat, agar
tidak mudah timbul pertikaian akibat perbedaan pilihan politik. Dengan
disahkannya Undang-undang mengenai calon kepala daerah dari jalur non-partai
politik, maka penulis menyarankan kepada peneliti yang berminat pada studi
kampanye politik dalam pemilihan umum untuk melakukan penelitian mengenai
kampanye politik oleh calon kepala daerah yang berasal dari jalur non-partai,
karena dalam penelitian ini kedua subjek penelitiannya.
Kata Kunci: Strategi, Kampanye Politik, Calon Walikota dan Wakil Walikota
POLITICAL CAMPAIGN STRATEGY AND VICE MAYOR CANDIDATE
PAIR MAYOR ELECTION IN BANDAR LAMPUNG 2015
(Case Study Candidate Herman HN Mayor and Vice Mayor Muhammad Yusuf
Kohar, Tobroni Harun Candidate Mayor and Vice Mayor Komarunizar)
Democracy is a notion embraced by the Indonesian state, the eyes of the
understanding concerning the ideology of the participation of the people who
have the right to welfare. To realize the wishes of the people it is necessary to
have a representative of the people who will be the people's aspirations and can
determine the general policy that is useful for the people. Pemilukada a means
choosing a leader in areas such as choosing a regent, vice regent, mayor and
deputy mayor. Campaign strategy is the planning and management of campaigns
carried out to achieve the objectives of the campaign.
This study aims to identify and analyze how the strategy of political campaigns of
candidates for Mayor and Deputy Mayor of the city of Bandar Lampung, the type
of research uses descriptive research method that is based on qualitative data.
Conclusion There are differences in political campaign strategy in the election of
Mayor and Deputy of Bandar Lampung in 2015 put forward the suggestions
addressed to the party most associated with the content of the discussion, namely
political campaign team as planners and implementers of political campaign
activities. Further advice addressed to researchers interested in conducting
research on political campaigning in the general election. The suggestions,
namely: To the political campaign teams, need to develop alternative techniques
that are creative campaign and its benefits can be felt directly by the people, so
that the cost of political campaigns is not wasted. In addition it is necessary to
develop techniques that are providing education campaign politics to society, it
does not easily arise contention due to differences in political choice. With the passing of legislation regarding prospective head region from non-political party,
the authors suggest to researchers who are interested in the study of political
campaigning in the general election to conduct research on political campaigns
by candidates for regional heads are derived from non-parties, because in this
study two subjects research.
Keywords: Strategy, Political Campaigns, Candidate for Mayor and Deputy Mayor1116021025 DELSEN MANDELAdelsenmandela@gmail.com