Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:45:51ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-08-04T08:26:09Z2017-08-04T08:26:09Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27741This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/277412017-08-04T08:26:09ZPENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS MEDIA
GRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V
SD NEGERI 1 LABUHAN RATU DUA WAY JEPARAMasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD
Negeri 1 Labuhan Ratu Dua Way Jepara. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh signifikan pendekatan kontekstual berbasis media grafis
terhadap hasil belajar IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
eksprimen dengan desain eksperimen non-equivalent group design. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Labuhan Ratu Dua Way
Jepara kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes berupa soal pilihan jamak
dengan analisis data berupa kuantitatif yang sebelumnya telah diujikan dan
dianalisis dengan validitas dan reliabilitas. Hasil belajar dalam penelitian ini
dibatasi hanya pada ranah kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan dan positif pada penerapan pendekatan kontekstual
berbasis media grafis terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 1
Labuhan Ratu Dua Way Jepara.
Kata kunci: hasil belajar, media grafis, pendekatan kontekstual1313053031 DENIQ HUDAWATIdeniq68@gmail.com