Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T00:00:02ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-05-16T04:17:20Z2016-05-16T04:17:20Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22251This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/222512016-05-16T04:17:20ZPENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MODEL INKUIRI
TERBIMBING BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL
PADA MATERI GAYA DAN PENERAPANNYAPenelitian pengembangan ini bertujuan mengembangkan LKS model inkuiri
terbimbing berbasis pendekatan kontekstual untuk pembelajaran gaya dan
penerapannya dan mengetahui kemenarikan, kemudahan, kemanfaatan, dan
keefektifan produk LKS di SMPN 2 Sekampung. Penelitian ini berpedoman pada
desain penelitian dan pengembangan (R&D), yang menggunakan prosedur
pengembangan Sugiyono (2014: 409), terdiri dari potensi dan masalah,
mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba
produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi akhir. Hasil
pengembangan menunjukkan bahwa: skor kemenarikan 3,13; skor kemudahan 3,18;
dan skor kemanfaatan 3,27. Produk yang dihasilkan menarik, mudah digunakan,
dan sangat bermanfaat. Hasil uji efektifitas menunjukkan bahwa 86% siswa tuntas
KKM, sehingga produk akhir efektif digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci: gaya dan penerapannya, inkuiri terbimbing, lembar kerja siswa,
pendekatan kontekstual. 1213022011 DESIH AMBARWATIambarwati_desih@yahoo.com