Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T11:29:22ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-07-26T08:37:56Z2016-07-26T08:37:56Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23145This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/231452016-07-26T08:37:56ZPENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI
ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA NURUL IMAN
KECAMATAN WAY TENONG
TAHUN AJARAN 2015/2016ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak
usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian
eksperimen semu. Desain yang digunakan adalah the non equivalent control
group design. Penelitian ini menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Responden dalam penelitian ini berjumlah 50 yang terdiri dari 26 anak di kelas
kontrol dan 24 anak di kelas eksperimen. Waktu dalam penelitian ini dilaksanakan
dari tanggal 6 sampai dengan 13 April 2016. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah
lembar observasi berupa rubrik penilaian. Teknik analisis data menggunakan uji
mann whitney. Hasil uji mann whitney menunjukkan bahwa ada pengaruh
penggunaan model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan mengenal
bentuk geometri anak usia 5-6 tahun. Saran dalam penelitian ini ditujukan pada
guru, kepala sekolah, dan peneliti lain.
Kata kunci : anak usia 5-6 tahun, geometri, pembelajaran kooperatif.
ABSTRACT
The research aimed to determine the influence of using cooperative learning
model toward ability recognize geometric shape of children aged 5-6 years. The
method was used a type of quasi eksperiment. The design was used the non
equivalent control group design. This research using control class and experiment
class. The respondent of this research consisted of 50 children which consisted of
26 children in the control group and 24 children in the experimental group. The
research was conducted from April 6th until 13th 2016. Technique of data
collection was using observation technique. Instrument used in this research was
the observation sheet the form of an assessment rubric. The data analysis
technique using mann whitney test. The result of mann whitney test showed that
there was an influence of using cooperative leraning model toward ability
recognize geometric shape of children aged 5-6 years. Suggestions in this
research was aimed at teachers principals, and other researchers.
Keyword: children aged 5-6 years, cooperatuve learning, geometric.1213054019 DHEA FEBRIANA dheafebriana17@gmail.com