Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:45:58ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-07-13T03:05:28Z2017-07-13T03:05:28Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27226This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/272262017-07-13T03:05:28Z
STRATEGI KOMUNIKASI PENGELOLA AKUN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PENGIKUT
( Studi pada Akun Relationship Chat di Aplikasi Media Sosial Line)
ABSTRACT
This Research is in the background by the research’s interest see the phenomenon of
social media that has been increasingly widespread among children and teenagers,
and social media line as the most social media users are children and teenagers,
evidenced in some surveys of institutions and related research who want to know the
users of social media in Indonesia. Even more object of research under study by
teenegers, who can manage an account insomeof social media to become a great
account to the numbers of audiences of the amount owned.Social media is based
communication channel, which is so complex and ultimeted space and time, to attract
sympathy from audience, it needs a good communication planning and management
to get same meaning between communicator and communicant. As expressed in his
communications strategy teory. That is how the message is packaged and
communicated by communicators using techniques and specific ways than
communicated to the communicant with certain media and cause the desired effect
and unlimately from a loyal attitude from the communicant to the communicator. A
social media account aspecially social media line, has enough features that can be
anjoyed by users, including can be used as a business based social media, according
to three managers of a relationship chat account, to form a loyal attitude of followers
in an entertainment themed social media devided into two management consumers is
management based on how it is implemented, consists of follower management,
advertising and a wide audience, and also management based on its content, both
from content managemen, themes, account visualization, and the messaging elements
is contains.
Keywords : Loyality, Social Media Line, Communication Strategy, Management.
ABSTRAK
Penelitian ini di latar belakangi oleh ketertarikan peneliti melihat fenomena media
sosial yang sudah semakin merebak di kalangan anak-anak dan remaja. Media sosial
Line sebagai media sosial yang paling banyak penggunanya merupakan anak-anak
dan remaja, hal ini dibuktikan di beberapa survei lembaga maupun penelitian terkait
yang ingin mengetahui pengguna media sosial yang ada di Indonesia. Objek
penelitian yang diteliti di kelola oleh remaja, yang mampu mengelola sebuah akun
sehingga menjadi akun yang besar dari segi jumlah khalayak yang dimiliki. Media
sosial merupakan saluran komunikasi yang berbasis teknologi maya yang kompleks
dan tidak terbatas ruang dan waktu. Untuk menarik simpati khalayak, dibutuhkan
sebuah perencanaan dan manajemen komunikasi yang baik sehingga terdapat
kesamaan makna antara komunikator dan komunikan, seperti yang diungkapkan oleh
Harold D Laswell di dalam teori strategi komunikasinya, yaitu bagaimana pesan
dikemas dan disampaikan oleh komunikator menggunakan teknik dan cara tertentu
lalu disampaikan kepada komunikan dengan media tertentu dan menimbulkan efek
yang diinginkan, dan akhirnya membentuk sikap loyal dari komunikan kepada
komunikator. Sebuah akun media sosial khususnya media sosial Line, memiliki fiturfitur
yang cukup banyak yang bisa di nikmati oleh penggunanya, termasuk dapat
dimanfaatkan menjadi media sosial berbasis bisnis atau e-commers, Menurut tiga
informan, selaku pengelola akun Relationship Chat, untuk membentuk sikap loyal
dari pengikut di dalam sebuah media sosial bertemakan hiburan, terbagi atas dua
teknik pengelolaan Komunikasi yang mengutip pendapat dari Anwar Arifin, yaitu
pengelolaan berdasarkan cara pelaksanannya, yang terdiri dari pengelolaan pengikut,
pengiklan dan khalayak luas, dan juga pengelolaan berdasarkan bentuk isinya, baik
dari pengelolaan konten, tema, visualisasi akun, serta unsur-unsur pesan yang ada di
dalamnya, sehingga pada akhirnya dengan perencanaan dan manajemen tersebut akun
Relationship Chat dapat meningkatkan loyalitas dari para pengikutnya.
Kata Kunci : Loyalitas, Media Sosial Line, Strategi Komunikasi, Pengelolaan.1316031081 DHEZA LUKITAdhezalukitaa@yahoo.com