Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:14:30ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-06-21T04:40:57Z2017-06-21T04:40:57Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27117This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/271172017-06-21T04:40:57ZPENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED
HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
MATEMATIKA SISWA KELAS VC SD NEGERI 9 TEGINENENGABSTRAK
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa
kelas VC SD Negeri 9 Tegineneng. Berdasarkan hasil studi dokumentasi,
observasi dan wawancara, hal tersebut disebabkan antara lain pembelajaran masih
bersifat konvensional, kurangnya partisipasi siswa untuk bertanya dan
mengemukakan pendapat, guru belum maksimal dalam mengelola pembelajaran
baik dengan menggunakan model, strategi dan metode pembelajaran. Tujuan
penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui
model cooperative learning tipe numbered head together. Jenis penelitian ini
menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, setiap
siklus memiliki empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3)
pengamatan, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non
tes dan teknik tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis data
kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model
cooperative learning tipe numbered head together dapat meningkatkan hasil
belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada hasil belajar matematika siswa siklus I
dengan katagori “Baik” namun belum mencapai ketuntasan. Dilanjutkan pada
siklus II dengan katagori “Sangat baik” dan telah mencapai ketuntasan.
Kata kunci: cooperative learning, numbered head together, hasil belajar
1313053037 DIAN PUSPITA WAHYUDI d.puspita92@yahoo.com