Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T18:21:40ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-28T07:35:33Z2016-01-28T07:35:33Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20691This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/206912016-01-28T07:35:33ZPERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN
MEDIA EDMODO DAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DITINJAU
DARI MOTIVASI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP IT AR-RAIHAN
BANDAR LAMPUNG
ABSTRAK
DILA SAKTIKA NEGARA
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan perbedaan hasil belajar matematika
menggunakan media edmodo dan lembar kerja peserta didik, ditinjau dari
motivasi peserta didik kelas VIII SMP IT Ar-Raihan Bandar Lampung. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen.Berdasarkan hasil uji
prasyarat analisis data didapatkan bahwa data berdistribusi tidak normal.Sehingga
pengujian hipotesis menggunakan uji Non Parametrik Mann Whitney. Hasil
penelitian menunjukkan: (1) tidak ada perbedaan hasil belajar peserta didik yang
menggunakan media edmodo dengan yang menggunakan lembar kerja peserta
didik; (2) ada perbedaan hasil belajar peserta didik kelompok motivasi tinggi yang
menggunakan media edmodo dengan yang menggunakan media lembar kerja
peserta didik; (3) tidak ada perbedaan hasil belajar peserta didik kelompok
motivasi rendah yang menggunakan media edmodo dengan yang menggunakan
media lembar kerja peserta didik; (4) ada perbedaan hasil belajar peserta didik
kelompok motivasi tinggi dan kelompok motivasi rendah; (5) ada perbedaan hasil
belajar peserta didik kelompok motivasi tinggi dengan kelompok motivasi rendah
yang menggunakan edmodo; (6) ada perbedaan hasil belajar peserta didik
kelompok motivasi tinggi dengan kelompok motivasi rendah yang menggunakan
lembar kerja peserta didik.
Kata Kunci: hasil belajar, motivasi belajar, matematika.
ABSTRACT
This research aims to find differences in mathematics learning outcomes using
edmodo and worksheetin 8
th
grade Islamic High School Ar-Raihan Bandar
Lampung. The method used in this research was experimental. Based on the result
of data analysis prerequisite test showed that the data are not normally
distributed.So the hypothesis testing using non-parametric Mann Whitney. The
results showed: (1) there are no differences in learning outcomes of students who
use edmodo and worksheet; (2) there are differences in learning outcomes of
students highly motivation group who using edmodo and worksheet; (3) there are
no differences in learning outcomes of students low motivation group who using
edmodo and worksheet; (4) there are differences in learning outcomes of students
highly motivation group and low motivation group; (5) there are differences in
learning outcomes of students highly motivation group and low motivation group
who using edmodo; (6) there are differences in learning outcomes of students
highly motivation group and low motivation group who using worksheet.
Keywords: learning outcomes, learning motivation, mathematics.
1323011007 DILA SAKTIKA NEGARAdilasaktikanegara@gmail.com