Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:24:26ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-06-14T07:05:14Z2016-06-14T07:05:15Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22475This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/224752016-06-14T07:05:14ZPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM
GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR
SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV
SD NEGERI 1 TAMBAH DADI
LAMPUNG TIMURMasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV A SD
Negeri 1 Tambah Dadi Lampung Timur tahun pelajaran 2015/2016 pada mata
pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana
pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games
Tournament (TGT) dalam pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa kelas IV
SD Negeri 1 Tambah Dadi Lampung Timur. Penelitian ini dilakukan di SD
Negeri 1 Tambah Dadi Lampung Timur semester genap tahun pelajaran
2015/2016, pada materi perkembangan teknologi produksi. Jenis penelitian ini
adalah eksperimen semu model posttest only control design. Populasi dalam
penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Tambah Dadi Lampung
Timur. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh
dengan kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan IV B sebagai kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes kemudian
dianalisis dengan menggunakan Uji-t dalam program SPSS 17.0. Berdasarkan
hasil analisis uji hipotesis diperoleh bahwa nilai signifikansi adalah 0,021. 0,021 <
0,05 maka artinya H0 ditolak dan H1 diterima atau ada pengaruh signifikan
terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe TGT.
Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, TGT, hasil belajar. (1213053037) DWI ARIYANIdwiariyani1994@yahoo.com