Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:31:17ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-06-29T06:38:18Z2015-06-29T06:38:18Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10554This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/105542015-06-29T06:38:18ZHUBUNGAN PENERAPAN METODE BERCERITA DENGAN KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN BAHASA PADA ANAK USIA DINIABSTRAK
Masalah dalam penelitian ini adalah belum berkembangnya kemampuan mengungkapkan bahasa pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penerapan metode bercerita dengan kemampuan mengungkapkan bahasa pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Subyek penelitian ini adalah siswa TK Mutiara Bangsaku kelompok A Bandar Lampung tahun ajaran 2014-2015. Pengumpulan data primer menggunakan metode observasi dan pengumpulan data sekunder dengan metode dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis dengan Korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara penerapan metode bercerita dengan kemampuan mengungkapkan bahasa pada anak usia dini. Oleh sebab itu hendaknya penggunaan metode bercerita dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran di PAUD, terutama dalam mengembangkan kemampuan mengungkapkan bahasa.
Kata kunci : Metode Bercerita, Kemampuan Mengungkapkan Bahasa, Anak Usia Dini
ABSTRACT RELATED APPLICATION METHOD STORYTELLING WITH ABILITY TO RAISE LANGUAGE EARLY CHILDHOOD By DWI MARLIAWITA
Problems in this study are not yet developed the ability to express language in early childhood. This study aims to determine the relationship between the application of the method to tell by the ability to express language in early childhood. This research is a quantitative correlation method. The subjects of this study were students kindergarten Mutiara Bangsaku A group of Bandar Lampung 2014-2015 school year. Primary data collection using the method of observation and secondary data collection methods of documentation. Results were analyzed with Spearman Rank Correlation. The results showed that there was a positive relationship between the application of the method to tell by the ability to express language in early childhood. Therefore, should the use of storytelling can be used as an alternative to learning in early childhood education, especially in developing the ability to express language.
Keywords: Storytelling Method, Ability Reveal Language, Early Childhood1113054017 DWI MARLIAWITAmarliawitad@yahoo.com