Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T22:23:23ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-04-15T07:18:32Z2016-04-15T07:18:32Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21725This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/217252016-04-15T07:18:32Z“PENERAPANBUSINESS MODEL CANVAS
UNTUK MENCIPTAKAN ALTERNATIF STRATEGI BISNIS
DI DALAM PENGEMBANGAN KEGIATAN USAHA MIKRO KECIL
DAN MENENGAH TAHUN 2015
(Studi Pada UMKM Home Industry Tempe Di Kota Bandar Lampung)”Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan business model
canvas dalam menciptakan alternatif strategi bisnis untuk pengembangan usaha
mikro, kecil dan menengah pada home industry tempe serta untuk mengetahui
alternatif strategi yang tepat untuk pengembangan usaha home industry tempe itu
sendiri. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif dan menggunakan informan sebagai subjek penelitian. Sumber data yang
digunakan berasal dari informan secara langsung (data primer) dan berasal dari
website atau buku-buku referensi (data sekunder). Teknik pengumpulan data yang
digunakan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa home industry tempe telah menerapkan
business model canvas di dalam menjalankan aktivitas usahanya meskipun tidak
disadari secara langsung. Namun ada beberapa blok dalam business model canvas
yang harus diperhatikan dan disempurnakan oleh home industry tempe agar mampu
mengembangkan usahanya dimasa yang akan datang. Selain itu, strategi bisnis yang
tepat untuk diterapkan oleh home industry tempe berdasarkan analisis SWOT yaitu
strategi SO (strenght opportunities) atau disebut strategi agresif. Sehingga penting
bagi home industry memperhatikan kedua hal jika ingin berhasil mengembangkan
usahanya.
Kata Kunci: Business Model Canvas, Home Industry Tempe, Strategi Bisnis
abstrak bahasa inggris
This research aimed to determine how the application of business model canvas to
create alternative business strategies for the development of micro business, small
and medium in home industry of tempe and to determine the appropriate strategic
alternatives for business development in home industry of tempe it self. Type of this
research was a descriptive study with qualitative approach and used of informants
as a research subject. The data was used came from directly informants (primary
data) and came from a website or reference books (secondary data). Data
collection techniques was used by interview, observation and documentation.
This research results that the home industry of tempe has implemented business
model canvas in carrying out its business activities despite not realized directly.
However, there were several blocks in the business model canvas that must be
considered and refined by home industry of tempe to be able to expand its business
in the future. In addition, the right business strategy to be applied by the home
industry of tempe based on SWOT analysis is a strategy SO (strenght opportunities)
or so-called aggressive strategy. So important for the home industry pay attention
to two things if it is to successfully develop their business.
Keywords: Business Model Canvas, Home Industry of Tempe, Business Strategy(1216051034) DWI PRASETYOprasetyo.dwi19@yahoo.co.id