Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T21:29:28ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-12-09T06:49:04Z2016-12-09T06:49:04Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24619This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/246192016-12-09T06:49:04ZPEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS DISKUSI
SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG
TAHUN PELAJARAN 2015/2016Masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan
penilaian pembelajaran menyusun teks diskusi kelas VIII MTs Negeri 2 Bandar
Lampung tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini untuk
mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran,
dan (3) penilaian pembelajaran menyusun teks diskusi.
Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian
ini adalah pembelajaran menyusun teks diskusi siswa kelas kelas VIII MTs Negeri
2 Bandar Lampung dan difokuskan pada perencanaan pembelajaran, pelaksanaan
pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data berupa
reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
iii
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan tiga tahapan
pembelajaran berdasarkan tujuan penelitian, yakni (1) perencanaan pembelajaran,
(2) pelaksanaan pembelajaran, dan (3) penilaian pembelajaran. Perencanaan
pembelajaran menyusun teks diskusi tertuang dalam Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) yang disusun oleh guru bidang studi Bahasa Indonesia dan
telah mengikuti format RPP Kurikulum 2013. Pelaksanaan pembelajaran
menyusun teks diskusi dilakukan selama dua pertemuan. Aktivitas guru meliputi
tiga tahap kegiatan yaitu, (1) kegiatan pendahuluan, guru telah melaksanakan
semua indikator pada kegiatan pendahuluan (2) guru melakukan kegiatan inti
pembelajaran menyusun teks diskusi dengan menggunakan pendekatan ilmiah,
melalui teks diskusi yang dicontohkan oleh guru, siswa dapat mengetahui struktur
yang ada dalam indikator teks diskusi yaitu isu atau masalah,
argumentmendukung, argumen menentang, dan simpulan, (3) kegiatan penutup,
guru melakukan refleksi. Penilaian yang dilakukan oleh guru mencakup penilaian
kompetensi sikap, penilaian kompetensi pengetahuan, dan penilaian kompetensi
keterampilan dengan teknik tes praktik berupa menyusun teks diskusi.
Kata kunci: menyusun, pembelajaran, dan teks diskusi.1213041025 DWI SEFTIANI dwiseptiani1234@gmail.com