Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T11:30:11ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-06-08T03:05:33Z2017-06-08T03:05:33Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26782This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/267822017-06-08T03:05:33ZHUBUNGAN PERHATIAN ORANGTUA DENGAN AKTIVITAS
BELAJAR DI LUAR SEKOLAH SISWA KELAS IV SD
NEGERI 2 KARTARAHARJA KECAMATAN
TULANG BAWANG UDIKMasalah penelitian ini adalah siswa kurang aktif dalam aktivitas belajar di luar
sekolah dan perhatian orangtua yang kurang di rumah pada siswa kelas IV SD
Negeri 2 Kartaraharja Kecamatan Tulang Bawang Udik Kabupaten Tulang
Bawang Barat Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui hubungan antara perhatian orangtua dengan aktivitas belajar di luar
sekolah siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi. Teknik
sampling yang digunakan adalah teknik proporsional random sampling
berdasarkan jenjang pendidikan orangtua dengan sampel penelitian ini adalah
sebanyak 21 orangtua dari siswa kelas IV A dan IV B SD Negeri 2 Kartaraharja.
Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi tata jenjang dari Spearman.
Hasil analisis data menunjukkan ada hubungan yang positif antara perhatian
orangtua dengan aktivitas belajar di luar sekolah siswa kelas IV SD Negeri 2
Kartaraharja Kecamatan Tulang Bawang Udik Kabupaten Tulang Bawang Barat
Tahun Ajaran 2016/2017 diterima.
Kata kunci: aktivitas belajar, luar sekolah, perhatian orangtua.
abstract
The problems in this study focuses on the poor condition of students’ learning
activities outside school and the lack of parental attention on the fourth graders
students’ of elementary school 2 Kartaraharja District of Tulang Bawang Udik,
West Tulang Bawang Regency academic year of 2016/2017. The purpose of this
study is to determine the correlation between parental attention with students’
learning activities outside school. The type of the study is correlation study. This
study used proportional random sampling technique based on the level of parents’
education for 21 parents’ of students’ of class IV A and IV B of elementary
School 2 Kartaraharja. The data analysis was done using Spearman level
Correlation formula. The results showed that there was of positive correlation
between parental attention with students’ learning activities outside school for
grade IV of Elementary School 2 Kartaraharja District of Tulang Bawang Udik,
West Tulang Bawang Regency academic year of 2016/2017.
Keyword: learning activities, outside school, parental attention1343053011 DWI SETIA PUTRAdwisetiaputra7@gmail.com