Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:28:53ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2014-07-14T07:14:15Z2014-07-14T07:14:15Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2332This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23322014-07-14T07:14:15ZSTUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN
MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE EXAMPLE NON EXAMPLES DAN TALKING STICK
DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN
ADVERSITAS SISWA KELAS X SMA GAJAH
MADA BANDAR LAMPUNG TAHUN
PELAJARAN 2013/2014Penelitian tentang studi komparatif antara model pembelajaran Example Non Examples dan model pembelajaran Talking Stick dengan memperhatikan kecerdasan adversitas siswa terhadap hasil belajar ekonomi siswa pada kompetensi dasar ekonomi mikro, makro, dan pendapatan nasional di SMA Gajah Mada Bandar Lampung ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada peningkatan hasil belajar ekonomi siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi banding dengan pendekatan eksperimen. Tes hipotesis menggunakan analisis varian dua jalan dan t-test dua sample independen. Berdasarkan analisis data diperoleh: 1) Ada perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Example Non Examples dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Talking Stick. 2) Ada interaksi antara model pembelajaran dengan kecerdasan adversitas pada pencapaian hasil belajar siswa. 3) Tidak ada perbedaan rata-rata hasil belajar ekonomi yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Example Non Examples lebih tinggi Talking Stick pada siswa yang memiliki kecerdasan adversitas tinggi. 4) Ada perbedaan rata-rata hasil belajar ekonomi yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Example Non Examples lebih tinggi Talking Stick pada siswa yang memiliki kecerdasan adversitas sedang. 5) Ada perbedaan rata-rata hasil belajar ekonomi yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Example Non Examples lebih tinggi Talking Stick pada siswa yang memiliki kecerdasan adversitas rendah?
Kata kunci: example non examples, hasil belajar, kecerdasan adversitas, talking stick.- DWI WULAN DINI