Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:49:37ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2014-08-27T02:49:46Z2014-08-27T02:49:46Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3112This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31122014-08-27T02:49:46ZPENERAPAN PENDEKATAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN
AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KONSEP SIFAT-SIFAT
MAGNET DI KELAS V SD NEGERI 1 TANJUNG
KEMALA KECAMATAN PUGUNGBerdasarkan identifikasi masalah serta temuan peneliti di lapangan proses
pembelajaran sains masih didominasi oleh guru melalui “transfer penelitian”. Hal
tersebut berdampak negatif baik dari segi proses maupun hasil belajar siswa.
Penelitian ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 1
Tanjung Kemala Kecamatan Pugung. Penelitian tentang analisis penggunaan
pendekatan inkuiri ini dilakukan sebagai upaya menemukan solusi untuk
memperbaiki teknis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pada proses
pembelajaran.
Pada penelitian ini penulis menggunakan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Prosedur pelaksanaan melalui tiga siklus dimana setiap siklusnya terdiri
dari; (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan isntrumen aktivitas siswa, lembar
instrument kinerja guru dan lembar soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan inkuiri
pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 1 Tanjung Kemala Kecamatan
Pugung berdampak pada peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Hal ini dapat
dilihat dari aktivitas belajar siswa pada siklus I (35,11%) dengan kriteria “kurang
aktif” meningkat pada siklus II menjadi (51,57%) dengan kriteria “cukup aktif”
dan pada siklus III (62,23%) dengan kriteria “aktif”. Rata-rata hasil belajar siswa
pada siklus I (59,42%), siklus II (64,80%), siklus III (70%).
Kata kunci: Pendekatan Inkuiri, aktivitas dan hasil belajar113127005 Dahliyadahliyakhalik@gmail.com