Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:18:54ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-07-09T06:30:02Z2015-07-09T06:30:02Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11058This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/110582015-07-09T06:30:02ZPENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING
TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN
GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MERAPI BARAT
KECAMATAN MERAPI BARAT KABUPATEN LAHAT SUMATERA
SELATAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi tentang pengaruh model
pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA N 1
Merapi Barat Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat Sumatera Selatan tahun
pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi
eksperimen) yaitu metode yang membandingkan pengaruh pemberian suatu
perlakuan (treatment) pada suatu objek (kelompok eksperimen) serta melihat
besar pengaruh perlakuannya. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA
Negeri 1 Merapi Barat sebanyak 194, jumlah sampel sebanyak 64 siswa diperoleh
teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes. Analisis
data yang digunakan adalah uji t.
Hasil analisis data diperoleh adanya perbedaan yang signifikan rata-rata nilai gain
pada kelas yang diberi perlakuan model discovery learning dan pada kelas yang
diberi perlakuan metode ceramah, untuk nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari
kelas kontrol. Hal tersebut dikarenakan nilai yang diperoleh pada kelas
eksperimen (discovery learning) lebih banyak yang memiliki nilai yang tuntas
belajarnya. Sehingga dapat disimpulkan proses pembelajaran dengan
menggunakan model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa
pada mata pelajaran geografi.
Kata Kunci: discovery learning, hasil belajar dan penerapan model pembelajaran.
THE INFLUENCE OF DISCOVERY LEARNING MODEL APPLICATION
TO STUDENTS’ LEARNING RESULTS IN GEOGRAPHY SUBJECT OF
GRADE X IN STATE SENIOR HIGH SCHOOL 1 IN WEST MERAPI
IN ACADEMIC YEAR 2014/2015
The objective of this research was to find out information about the influence of
discovery learning model application to students’ learning results in geography
subject of Grade X in State Senior High School 1 in West Merapi sub district of
Lahat district in South Sumatera in academic year 2014/2015. This was a quasiexperiment
research to compare influence of a treatment to a certain object
(experiment group) and to find out the extent of the influence. Population was 194
Grade X students in State Senior High School 1 in West Merapi. 64 respondent
samples were taken using simple random sampling. Data were analyzed using ttest
analysis.
The results showed that there was a significant difference of average of gain
values between classroom that received discovery learning model and classroom
that received lecturing method. The experiment classroom had higher gain value
than control classroom, because experiment classroom (with discovery learning)
had more grade of learning accomplishment. The conclusion was that learning
process by using discovery learning model influenced students’ learning method
in geography subject.
Keywords: discovery learning, learning result and learning model application1113034020 Debi Gusmalisadebi.gusmalisa@yahoo.com