Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:03:25ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-06-19T03:23:57Z2015-06-19T03:23:57Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10317This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/103172015-06-19T03:23:57ZPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SiMaYang TIPE II BERBASIS
MULTIPEL REPRESENTASI DALAM MENINGKATKAN
EFIKASI DIRI DAN PENGUASAAN KONSEP
LARUTAN ELEKTROLIT DAN
NON-ELEKTROLIT
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan dan keefektivan model
pembelajaran SiMaYang Tipe II berbasis multipel representasi pada materi larutan
elektrolit dan non-elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X MIA SMA Negeri 3 Bandar Lampung yang terdiri dari 6 kelas pada
semester genap tahun 2014-2015. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu
teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel kelas X MIA 1, X MIA 2,
dan X MIA 6. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan One Group
Pretest-Posttest Design. Kepraktisan model pembelajaran SiMaYang Tipe II berbasis
multipel representasi diukur berdasarkan keterlaksanaan RPP, respon siswa,
penilaian kemampuan guru, dan aktivitas siswa. Keefektivan model pembelajaran
SiMaYang Tipe II berbasis multipel representasi diukur berdasarkan peningkatan
efikasi diri dan penguasaan konsep larutan elektrolit dan non-elektrolit. Peningkatan
efikasi diri sebelum dan sesudah pembelajaran diukur dengan menggunakan
Delfi Afdila
angket. Rata-rata efikasi diri ketiga kelas sebelum pembelajaran berkategori tinggi
dan mengalami peningkatan sesudah pembelajaran menjadi berkategori sangat
tinggi bagi ketiga kelas. Peningkatan penguasaan konsep larutan elektrolit dan
non-elektrolit diukur dengan rata-rata nilai n-Gain. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kepraktisan model pembelajaran SiMaYang Tipe II berbasis multipel representasi
yang diukur berdasarkan keterlaksanaan RPP, penilaian kemampuan guru,
dan aktivitas siswa bagi ketiga kelas berkategori sangat tinggi, sementara respon
siswa berkategori tinggi dan sangat tinggi. Keefektivan model pembelajaran
tersebut yang diukur berdasarkan peningkatan efikasi diri bagi ketiga kelas berkategori
sangat tinggi dan n-Gain X MIA 1 dan X MIA 6 berkategori tinggi, sementara
n-Gain X MIA 2 berkategori sedang. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
model pembelajaran SiMaYang Tipe II berbasis multipel representasi praktis dan
efektif dalam meningkatkan efikasi diri dan penguasaan konsep larutan elektrolit
dan non-elektrolit.
Kata kunci: keefektivan, kepraktisan, larutan elektrolit dan non-elektrolit,
SiMaYang Tipe II1113023006 Delfi Afdiladelfiafdiladelfi@gmail.com