Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T19:35:14ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-05-17T07:46:20Z2017-05-17T07:46:20Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26654This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/266542017-05-17T07:46:20ZPERBANDINGAN PENGGUNAAN LKS BERBASIS POE (PREDICT- OBSERVE-EXPLAIN) DENGAN LKS KONVENSIONAL
TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMAN 1
BANDAR SRIBHAWONOPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan LKS berbasis
POE
ststis khususnya pada 2 ranah yaitu: kognitif dan psikomotor. Desain penelitian ini
menggunakan quasi experimental menggunakan bentuk non-equivalent control
grup design data diuji dengan teknik pengelompokkan hasil belajar, analisis N-
gain, uji normalitas, homogenitas dan uji independent T-test. Berdasarkan hasil uji
hipotesis diketahui bahwa terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan LKS
POE dengan LKS konvesional pada ranah kognitif dan psikomotor. Hasil belajar
ranah kognitif dan psikomotor menggunakan LKS berbasis POE lebih tinggi
dibandingkan LKS konvensional pada ranah kognitif didapat nilai rata-rata N-
gain sebesar 0,839, sedangkan hasil belajar ranah psikomotor pada kelas
ekperimen sebanayak 100% siswa yang mencapai KKM psikomotorik.
Kata kunci: LKS POE, konvensional, fluida statis.1313022015 Dewi Nurhidayati95dewinurhidayati@gmail.com