Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T21:36:42ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-08-12T06:37:19Z2016-08-12T06:37:19Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23394This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/233942016-08-12T06:37:19ZPENINGKATAN PEMAHAMAN SEKOLAH LANJUTAN DENGAN
MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI MTS
MA’ARIF 02 KOTAGAJAH TAHUN AJARAN 2015/2016ABSTRAK
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman sekolah
lanjutan dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas IX
di MTs Ma’arif 02 Kotagajah tahun pelajaran 2015/2016. Masalah dalam
penelitian ini adalah pemahaman sekolah lanjutan siswa . Permasalahan dalam
penelitian adalah “apakah pemahaman sekolah lanjutan siswa dapat ditingkatkan
dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok”. Metode yang di gunakan
adalah quasi eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Subjek
penelitian sebanyak 13 siswa kelas IX di MTs Ma’arif 02 Kotagajah, yang
memiliki pemahaman sekolah lanjutan rendah. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket pemahaman sekolah lanjutan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pemahaman sekolah lanjutan siswa dapat ditingkatkan dengan
menggunakan layanan bimbingan kelompok, hal ini ditunjukkan hasil analisis
data menggunakan uji wilcoxon, dari hasil pretest dan posttest pemahaman
sekolah lanjutan yang diperoleh zhitung = -3,181 < z tabel = 0 maka, Ho ditolak dan
Ha diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pemahaman sekolah lanjutan
dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok pada
siswa kelas IX MTs Ma’arif 02 Kotagajah tahun ajaran 2015/2016.
Kata kunci: Pemahaman, Bimbingan Kelompok, Sekolah Lanjutan.1113052016 ENDAH KUSUMA WARDANI endahkusumawardani30@gmail.com