Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T16:35:56ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-04-21T02:24:17Z2015-04-21T02:24:17Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8579This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85792015-04-21T02:24:17ZPENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PEMANFAATAN SARANA
BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA
PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XI
AKUNTANSI SMK WIYATA KARYA NATAR
TAHUN PELAJARAN 2010/2011Hasil belajar adalah kemampuan anak yang diperoleh pada akhir proses
pembelajaran dan berkaitan dengan kemampuan siswa dalam menyerap atau
memahami suatu bahan yang telah diajarkan. Berdasarkan penelitian pendahuluan
yang dilakukan di SMK Wiyata Karya Natar menunjukkan bahwa hasil belajar
Akuntansi Keuangan siswa kelas XI Akuntansi SMK Wiyata Karya Natar
Lampung Selatan tergolong rendah. Hasil belajar banyak bergantung kepada
bagaimana proses belajar yang dialami oleh anak didik. Dalam kegiatan belajar
mengajar banyak sekali faktor yang mempengaruhinya, baik faktor intern maupun
faktor ekstern. Oleh karena itu, penelitian ini akan membahas beberapa faktor
yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu motivasi belajar siswa dan
pemanfaaatan sarana belajar di sekolah.
Permasalahan dalam penelitian ini adala”Apakah ada pengaruh positif Motivasi
belajar dan pemanfaatan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar
akuntansi keuangan pada siswa kelasXI Akuntansi SMK Wiyata Karya Natar
Tahun Pelajaran 2010/2011?” Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini adalah desain penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto
dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi
SMK Wiyata Karya Natar Selatan semester ganjil tahun 2010/2011 sebanyak
2kelas dengan jumlah siswa 63 siswa. Karena jumlah populasi kurang dari 100,
maka semua populasi dalam penelitian ini dijadikan sampel sehingga penelitian
ini adalah penelitian populasi.
Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh motivasi belajar siswa, dan
pemanfaatan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar Akuntansi Keuangan
siswa kelas XI SMK Wiyata Karya Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran
2010/2011. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (R) = 0,663 dan
koefisien determinasi (R
2
) = 0,439, yang berarti hasil belajar Akuntansi Keuangan
siswa dipengaruhi oleh motivasi belajar siswa dan pemanfaatan sarana belajar di
sekolah sebesar 43,9%.
Kesimpulan penelitian ini yaitu.
1. Ada pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Akuntansi
Keuangan siswa kelas XI Akuntansi SMK Wiyata Karya Natar Lampung
Selatan Tahun Pelajaran 2010/2011 sebesar 23,9%.
2. Ada pengaruh pemanfaatan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar
Akuntansi Keuangan siswa kelas XI Akuntansi SMK Wiyata Karya Natar
Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2010/2011 sebesar 27,9%
3. Ada pengaruh motivasi belajar siswa dan pemanfaatan sarana belajar di
sekolah terhadap hasil belajar Akuntansi Keuangan siswa kelas XI Akuntansi
SMK Wiyata Karya Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2010/2011
sebesar 43,9%.0743031012 ENTI ADYANTI