Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:34:14ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-08-10T03:13:59Z2017-08-10T03:13:59Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27866This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/278662017-08-10T03:13:59ZEFEKTIVITAS MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING DITINJAU
DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS
DAN SELF EFFICACY SISWA
(Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 8
Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017)ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui
efektivitas model guided discovery learning ditinjau dari kemampuan
representasi matematis dan self efficacy siswa. Desain yang digunakan adalah
pretest-posttest control group design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII
SMP Negeri 8 Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi
dalam 11 kelas. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik gabungan,
yaitu teknik purposive dan teknik random sampling. Data penelitian ini berupa
data kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan ialah instrumen tes untuk
melihat kemampuan representasi matematis dan instrumen non tes untuk melihat
self efficacy siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model guided discovery
learning tidak efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis dan self
efficacy siswa. Namun, kemampuan representasi matematis dan self efficacy siswa
yang menggunakan model guided discovery learning lebih tinggi daripadakemampuan representasi matematis dan self efficacy siswa yang menggunakan
pembelajaran konvensional.
Kata kunci: guided discovery learning, representasi matematis, self efficacy.1313021030 ERA PUSPITAerapuspita1308@gmail.com