Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T00:13:34ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-02-20T08:02:43Z2017-02-20T08:02:43Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25639This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/256392017-02-20T08:02:43ZPENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT
TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL
BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV
SD NEGERI 2 METRO PUSATMasalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 2 Metro Pusat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model cooperative learning tipe STAD terhadap hasil belajar kognitif matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan quasi-experimen metode non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non-tes. Alat pengumpul data berupa soal pilihan jamak untuk mengukur hasil belajar dan angket untuk mendapatkan data penerapan model STAD. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 2,29 > ttabel = 2,02, maka terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penerapan model cooperative learning tipe STAD terhadap hasil belajar matematika.
Kata kunci: cooperative learning, STAD, hasil belajar, matematika.1213053044 ERNAWATIclash.of.titann@gmail.com