Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:08:05ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-03-01T02:04:54Z2016-03-01T02:04:54Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21305This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/213052016-03-01T02:04:54ZPERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PENGGUNAAN
PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE DENGAN PEMBELAJARAN
KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI
KELAS X SMA AL-HUDA JATI AGUNG
TAHUN PELAJARAN 2014/2015Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa perbedaan hasil belajar siswa kelas X
pada mata pelajaran Geografi di SMA Al-Huda Jati Agung yang menggunakan
model pembelajaran concept sentence dengan hasil belajar siswa yang
menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan
metode quasi eksperimen design dengan subjek penelitian kelas X3 sebagai kelas
eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran concept sentence dan kelas X2
sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Data hasil
belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes berupa pre-test
dan post-test. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji t. Analisa data hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dimana
siswa yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran concept sentence
mendapat nilai yang lebih tinggi dibanding dengan nilai siswa yang menggunakan
model pembelajaran konvensional.
Kata kunci : concept sentence, hasil belajar, dan konvensional.
abstract
This study aimed to analyze the difference results of class X student on the
subjects of Geography in Al - Huda Jati Agung which is used concept sentence
learning model compared with learning outcomes of students who used
conventional learning model. This research used quasi eksperimen design
methode and the subject was class X3 as experimental class treated by concept
sentence learning model and class X2 as control class used conventional
learning model. Data of students result was gathered by test instrument such as
pre-test and post-test. Data analysis used t test. Analysis of data from this research
indicates that there are differences of learning outcomes where the student which
is used concept sentence learning model reached higher score than students who
used conventional learning model.
.
Key words : concept sentence, conventional, and learning outcomes. 1013034042 EVI MIVTAHUL KHOIRULLAHevimivtahul.k@gmail.com