Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:15:49ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-06-21T07:17:47Z2016-06-21T07:17:47Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22665This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/226652016-06-21T07:17:47ZPENGARUH PEMAHAMAN KONSEP BHINNEKA TUNGGAL IKA
TERHADAP HUBUNGAN SOSIAL SISWA BERBEDA SUKU
DI SMP NEGERI 21 BANDAR LAMPUNG
TAHUN PELAJARAN 2015/2016ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimanakah pengaruh
pemahaman konsep Bhinneka Tunggal Ika terhadap hubungan sosial siswa
berbeda suku di SMP Negeri 21 Bandar Lampung.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
kuantitatif. Subyek penelitian ini siswa kelas VIII di SMP Negeri 21 Bandar
Lampung berjumlah 302 siswa dengan sampel 30 siswa. Teknik pengumpulan
data menggunakan angket dan kemudian data dianalisis menggunakan rumus Chi
Kuadrat.
Berdasarkan hasil penelitian, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
kuat dan signifikan antara pemahaman konsep Bhinneka Tunggal Ika terhadap
hubungan sosial siswa berbeda suku. Artinya, semakin siswa memahami konsep
Bhinneka Tunggal Ika maka semakin baik pula hubungan sosial siswa yang
berbeda suku sehingga akan terjalin hubungan sosial siswa yang rukun dan
harmonis.
Kata kunci: bhinneka tunggal ika, hubungan sosial, suku.
1213032028 EVI YUNITA SARI