Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T01:01:01ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2014-11-07T06:35:31Z2014-11-07T06:35:31Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5179This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/51792014-11-07T06:35:31ZPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 1 SINAR MULYA KECAMATAN BANYUMAS KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa. Hal ini terlihat rendahnya pretasi belajar siswa di kelas IV SD Negeri 1 Sinar Mulya Kecamatan Banyumas pada pembelajaran IPA mendapatkan nilai rata-rata di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini terbagi menjadi dua siklus dimana setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Sinar Mulya pada semester II tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 30 siswa.
Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe stad dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar terhadap pelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sinar Mulya tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini dapat dilihat dari jumlah rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan jumlah rata-rata 72,66% dan jumlah rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus II dengan jumlah rata-rata 82,66%. Peningkatan prestasi belajar dapat dilihat pada siklus I dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 53,33% dan siklus II dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 93,33%.
Kata kunci: Model Kooperatif Tipe STAD, Prestasi belaj1113119009 Eko Ari Sutama 2014-08-18T02:13:59Z2014-08-18T02:13:59Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2642This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26422014-08-18T02:13:59ZPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD
UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA
PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 1 SINAR MULYA
KECAMATAN BANYUMAS KABUPATEN PRINGSEWU
TAHUN PELAJARAN 2013/2014Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar
siswa. Hal ini terlihat rendahnya pretasi belajar siswa di kelas IV SD Negeri 1
Sinar Mulya Kecamatan Banyumas pada pembelajaran IPA mendapatkan nilai
rata-rata di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi
belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian
tindakan kelas ini terbagi menjadi dua siklus dimana setiap siklus terdiri atas
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di
SD Negeri 1 Sinar Mulya pada semester II tahun pelajaran 2013/2014 dengan
jumlah siswa 30 siswa.
Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model
pembelajaran kooperatif tipe stad dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi
belajar terhadap pelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sinar Mulya
tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini dapat dilihat dari jumlah rata-rata aktivitas
belajar siswa pada siklus I dengan jumlah rata-rata 72,66% dan jumlah rata-rata
aktivitas belajar siswa pada siklus II dengan jumlah rata-rata 82,66%. Peningkatan
prestasi belajar dapat dilihat pada siklus I dengan persentase siswa yang tuntas
sebesar 53,33% dan siklus II dengan persentase siswa yang tuntas sebesar
93,33%.
Kata kunci: Model Kooperatif Tipe STAD, Prestasi belajar.
Abstract Bahasa Inggris1113119009 Eko Ari Sutamaekoari_sutama@yahoo.com