Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:59:44ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-04-21T02:27:49Z2015-04-21T02:27:49Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8582This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85822015-04-21T02:27:49ZHUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN
KETERSEDIAAN FASILITAS BELAJAR DIRUMAH DENGAN
HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII
SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 18
BANDAR LAMPUNG
TAHUN PELAJARAN
2010/2011
Hasil belajar adalah hasil yang dicapai siswa dalam belajar setelah siswa
mengikuti kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan disekolah dan diwujudkan
dalam bentuk nilai dari guru kepada muridnya pada jangka waktu tertentu.
Penilaian yang dilakukan oleh guru adalah sebagai dasar untuk mengetahui sejauh
mana tingkat keberhasilan selama siswa mengikuti proses belajar mengajar. Hasil
belajar banyak bergantung kepada bagaimana proses belajar yang dialami oleh
anak didik dan bagaimana Orang tua memperhatikan anak dalam proses belajar.
Orang tua yang memiliki status sosial ekonomi yang kuat mempunyai
kemungkinan dapat menyediakan fasilitas belajar untuk anak-anaknya. Faktor
tersebut diduga dapat meningkatkan kualitas penampilan siswa dalam
meningkatkan prestasi belajarnya. Orang tua dengan status sosial ekonomi yang
tinggi akan mengalokasikan lebih banyak sumber yang dimilikinya bagi
pendidikan sang anak. Dari sudut pandang ekonomi sumber daya yang dimaksud
adalah penyediaan sarana pendidikan
.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah ada hubungan positif status
sosial ekonomi orang tua siswa dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah dengan
hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII semester ganjil SMP Negeri 18 Bandar
Lampung tahun Pelajaran 2010/2011?”. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif asosiatif dengan
pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas VII semester ganjil SMP Negeri 18 Bandar Lampung Tahun Pelajaran
2010/2011 dengan jumlah 217 siswa dengan sampel sebanyak 140 siswa dengan
rumus Cochran. Teknik pengambilan sampel dengan mengunakan simple random
sampling Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket,
wawancara, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dianalisis dengan
menggunakan rumus korelasi parsial, dan model korelasi ganda atau multiple.
Berdasarkan hasil perhitungan dan pengujian hipotesis mengunakan taraf
signifikansi 0,05, maka hasilnya sebagai berikut.
1. Terdapat hubungan status sosial ekonomi orang tua dengan hasil belajar IPS
terpadu siswa kelas VII semester ganjil SMP Negeri 18 Bandar Lampung
tahun pelajaran 2010/2011 secara signifikan dan positif apabila fasilitas
belajar dikendalikan.
Diperoleh koefisien t
koefisien t
tabel
= 1,977, ini berarti t
hitung
> t
tabel.
hitung
= 7,806 sedangkan harga
2. Terdapat hubungan ketersediaan fasilitas belajar dengan hasil belajar IPS
terpadu siswa kelas VII semester ganjil SMP Negeri 18 Bandar Lampung
tahun pelajaran 2010-2011 secara signifikan dan positif apabila status sosial
ekonomi orang tua dikendalikan.
Diperoleh koefisien t
harga koefisien t
tabel
= 1,977 , ini berarti
t
hitung
> t
tabel.
.
hitung
= 6,610 sedangkan
3. Terdapat hubungan status sosial ekonomi orang tua dan ketersediaan fasilitas
belajar di rumah dengan hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VII semester
ganjil SMP Negeri 18 Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011. Yang
ditunjukan oleh hasil uji korelasi ganda atau multiple bahwa F
sedangkan F
diterima.
tabel
= 3,062 yang berarti F
hitung
> F
tabel
hitung
= 42,787
Ho ditolak dan H
1
0743031013 Erna Kusmiyati