Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:51:14ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-09-14T04:18:08Z2015-09-14T04:18:08Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12792This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/127922015-09-14T04:18:08ZPENGARUH LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PROSES SAINS (KPS) SISWA PADA MATERI POKOK PENCEMARAN DAN
DAMPAKNYA BAGI MAKHLUK HIDUP
(Studi Eksperimental Pada Siswa Kelas VII Semester Genap
SMP Negeri Di Kecamatan Pagelaran
Tahun Ajaran 2014/2015)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS berbasis inkuiri terbimbing dalam meningkatkan KPS siswa dan tanggapan siswa terhadap penggunaan LKS berbasis inkuiri terbimbing pada materi pokok pencemaran dan dampaknya bagi makhluk hidup di SMP Negeri 1 Pagelaran. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII1 dan VII2 yang dipilih secara purposive sampling. Data kuantitatif berupa keterampilan proses sains siswa yang diperoleh dari nilai rata-rata pretest, post test dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan U. Data kualitatif dalam penelitian ini berupa keterampilan proses sains yang diperoleh dari lembar observasi dan tanggapan siswa yang diperoleh dari angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan LKS Inkuiri Terbimbing berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan proses sains (KPS) siswa yang dibuktikan dengan ̅ pretes eksperimen = 32,16 ± 12,07 ; ̅ postes eksperimen = 81,29 ± 11,17 ; ̅ N-gain = 70,78 ± 18,97. Masing-masing indikator KPS mengalami peningkatan, namun tidak semua indikator mengalami peningkatan berbeda secara signifikan. Indikator KPS yang mengalami peningkatan berbeda secara signifikan yaitu pada aspek mengamati dengan rata-rata N-gain 0,92 ± 0,17, aspek menginterpretasi dengan rata-rata N-gain 0,71 ± 0,35, aspek memprediksi N-gain 0,75 ± 0,29, aspek mengkomunikasikan N-gain 0,73 ± 0,33 dan aspek menghipotesis N-gain 0,60 ± 0,53 mengalami peningkatan tidak berbeda signifikan. Berdasarkan observasi rata-rata keterampilan proses sains (KPS) siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen yaitu (80,54%) dengan kriteria tinggi. Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif (85,48%) terhadap penggunaan LKS berbasis inkuiri terbimbing. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan LKS berbasis Inkuiri Terbimbing berpengaruh signifikan dalam meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) siswa pada materi pokok pencemaran dan dampaknya bagi makhluk hidup.
Kata kunci : Keterampilan Proses Sains (KPS), LKS, Inkuiri Terbimbing, pencemaran, dan makhluk hidup.1113024016 Erwan Feriyadierwanferiyadi@yahoo.com