Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T22:25:25ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-10-28T02:54:52Z2015-10-28T02:54:52Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14085This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/140852015-10-28T02:54:52ZEFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA
MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI DI SMA AL KAUTSAR
TAHUN PELAJARAN 2014/2015 ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan
penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan
keterampilan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran sosiologi. Populasi dalam
penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS SMA Al kautsar Bandar
lampung tahun pelajaran 2014 / 2015. Pengambilan sampel menggunakan
teknik cluster random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah
quasi eksperimen dengandesain Non Equivalen Control Group. Teknik
pengumpulan data dengan tes. Pengujian hipotesis pertama menggunakan uji t
testdan efec size, sedangkan untuk hipotesis kedua menggunakan N Gain. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa perhitungan pada uji T untuk kedua kelas, diperoleh
Sig. 0,000 < 0,05 dan t
hitung
>t
tabel
, yaitu t- test. t
hitung
6,624 dan t
1,68385 sehingga Ho
ditolak yang berarti Ha diterima karenat
hitung
>t
tabel
tabel
. Hal ini berarti terdapat perbedaan
keterampilan berpikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan model
pembelajaran berbasis masalah dan model ekspositori. Berdasarkan hasil
perhitungan uji efec size calculate d and r menggunakan t value dan df, juga diperoleh
cohen’s d 1,50 dan efec size 0,60 termasuk dalam kriteria Large, sehingga dapat
dikatakan bahwa efeknya adalah besar. Efektivitas pembelajaran dilihat dari
perhitungan nilai N-Gain yang menunjukan bahwa nilai N-Gain kelas kontrol
0,45 dan Gain kelas eksperimen diperoleh angka 0,59. Hal ini menunjukan bahwa nilai
N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dan dalam kategori baik atau efektif.
Kata kunci: Pembelajaran berbasis masalah, model ekspositori, keterampilan
berfikir kritis.
ABSTRACT
study aims to determine the effectiveness of learning by the application of
problem-based learning model to improve students' critical thinking skills in the
subject of sociology. The population in this study were all students of class XI IPS
SMA Al Kautsar Bandar Lampung in academic year 2014 / 2015. The samples
were taken using cluster random sampling technique. The method used is a quasiexperimental
design with non-equivalent control group. Data collection
techniques to the test. The first hypothesis testing using t test and efec size, while
for the second hypothesis using N Gain. The results showed that the T test Based
on the calculations for the second class, obtained Sig. 0.000 <0.05 and t count> t
table, the t-test. tcount 6.624 and 1.68385 ttable so Ho rejected, which means Ha
accepted because t count> t table. This means that there are differences in critical
thinking skills of students learning using problem-based learning model and the
model of expository. Based on the results of test calculations Efec calculate size d
and r using the t value and df, the obtained cohen's d 1.50 and 0.60 are included in
the efec size large criteria, so that it can be said that the effect is large. The
effectiveness of learning seen from the calculation of the value of the N-Gain
indicating that the value of N-Gain control class 0.45 and 0.59 figures obtained
experimental class. This shows that the value of N-Gain experimental class is
higher and in the category of good or effective.
Keywords: Problem-based learning, a model expository, critical thinking skills.
Hariani Esti