Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:54:47ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2014-10-06T02:52:12Z2014-10-06T02:52:12Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3821This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/38212014-10-06T02:52:12ZFENOMENA GAYA BERBUSANA DI KALANGAN REMAJA HEDONIS
(Studi Pada Mahasiswa FISIP UNILA)Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui fenomena gaya berbusana di kalangan
remaja hedonis yang bertempat di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP),
Universitas Lampung. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif.
Adapun yang menjadi informan dari penelitian ini adalah mahasiswa/i yang
memiliki gaya berbusana dan gaya hidup hedonis di Fakultas Ilmu Sosial dan
Politik. Informan dari penelitian ini adalah sebanyak 5 orang informan.
Pengambilan informan dilakukan secara purposive sampling, dengan
menggunakan observasi, wawancara mendalam (indepth interview), dan
dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sebagian mahasiswa Fakultas Ilmu
Sosial dan Politik merupakan remaja hedonis yang memiliki pandangan hidup
menganggap bahwa dengan mencari dan mengutamakan kesenangan bersifat
materiil dan hawa nafsu, untuk meningkatkan kualitas hidup dengan gaya hidup
berfoya-foya, mewah dan fasilitas modern. Remaja hedonis memiliki dua motif,
yaitu motif internal merupakan dorongan yang timbul dari dalam seperti,
mengharapkan pujian, kepuasan diri dan aktualisasi diri, membuat ia merasa
senang, percaya diri dan mengharapkan penghargaan. Motif ekternal didasari
adanya dorongan dari luar, seperti lingkungan pergaulan, eksistensi diri, gengsi,
keluarga, media massa dan media sosial. Gaya berbusana remaja hedonis selalu
up date, mengutamakan produk bermerek, konsumtif dan membeli barang hanya
karena produk bukan karena kepentingan.
Kata Kunci : Motif, Gaya Berbusana, Hedonis.1016011039 Euis Wulandari